DATA BMKG 12 Agustus 2020

Unsyiah dan Universitas Bengkulu Jalin Kerjasama

Unsyiah dan Universitas Bengkulu Jalin Kerjasama

Penandatangan MoU Unsyiah dengan Unib yang dilakukan secara virtual.

HABADAILY.COM—Memperkuat pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Bengkulu (Unib) sepakat menjalin kerjasama. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dan Rektor Unib Prof Dr Ridwan Nurazi SE MSc, secara virtual, Selasa (7/7/2020).

Rektor Unsyiah mengatakan kerja sama ini untuk memperkuat sekaligus mempererat silaturahmi antara dua universitas yang telah terjalin lama. Prof. Samsul menyebutkan, Unsyiah dan Unib memiliki kedekatan emosional sejak lama dikarenakan dosen Unsyiah pernah menduduki posisi sebagai Rektor Unib selama dua periode beberapa tahun lalu. Kedekatan inilah yang coba dikuatkan kembali, sehingga dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, terutama bagi kedua universitas tersebut.

Secara khusus, kerja sama ini fokus pada pengembangan riset, pertukaran dosen dan mahasiswa, pelaksanaan KKN bersama, hingga penerapan konsep Kampus Merdeka. Sebagai langkah awal selama Covid-19, Rektor Unsyiah mengusulkan menggelar kuliah daring bagi mahasiswa. Bahkan dirinya siap untuk menjadi salah satu pemateri bagi mahasiswa Unib.

“Kerja sama ini adalah bentuk kolaborasi untuk saling melengkapi, sehingga memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, terutama bagi mahasiswa Unsyiah dan Unib,” ujar Prof Samsul.

Selain itu, ia juga mengajak Unib untuk mengembangkan riset kebencanaan. Aceh dan Bengkulu menurutnya memiliki kesamaan sebagai provinsi yang berada di jalur ring of fire yang rentan terhadap gempa. Terlebih saat ini, Unsyiah telah memiliki pusat riset bencana Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Kemristekdikti.

Hal senada juga diungkapkan Rektor Unib Prof Ridwan yang mengatakan kerja sama ini merupakan lanjutan dari hubungan yang telah terjalin erat selama ini. Keakraban ini terlihat dari alumni Unsyiah yang banyak membangun karier sebagai tenaga pengajar di kampus yang dipimpinnya. Ia berharap kerja sama yang ditandatangani ini dapat membawa perubahan baik bagi kedua universitas, serta dunia pendidikan secara luas.

Pertemuan secara virtual ini dimoderatori oleh wakil Rektor IV Unsyiah Dr Hizir yang turut dihadiri para wakil rektor dari dua universitas.[]

 

 

 

Komentar
Baca Juga
Terbaru