DATA BMKG 04 Juni 2020

Lima Lansia Meninggal Dunia di Panti RSGS Selama 2020

Lima Lansia Meninggal Dunia di Panti RSGS Selama 2020

Penghuni UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS) meninggal dunia.

HABADAILY.COM—Terhitung sejak Januari tahun 2020 hingga awal Maret, UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS) Dinas Sosial Aceh mencatat sudah 5 orang Lanjut Usia (Lansia) terlantar meninggal dunia. Terakhir, pada Kamis dini hari 5 Maret 2020 salah satu lansia mualaf asal Aceh Tamiang bernama Eldo Rado (68) meninggal dunia di RSUZA Banda Aceh.

Menurut keterangan pendamping Lansia UPTD RSGS, Almarhum Eldo sempat sembuh dari penyakit yang dideritanya dan beraktivitas seperti biasa di RSGS, namun tiba-tiba kembali mengalami sakit, kemudian dilarikan ke RSUDZA.

Sebelum Eldo, lansia asal Pidie bernama Ismail, kemudian Aisyah asal Banda Aceh, Ahmad Buntot asal sabang, serta Lansia Usman asal Aceh Aceh Barat juga meninggal dunia dan telah mendapatkan perawatan tipe Long Therm Care sebelumnya dan pendampingan dari UPTD RSGS. Semua lansia yang meninggal dunia dimakamkan dikomplek pemakaman milik UPTD RSGS di kawasan Gampong Lamlumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

“Ke lima Lansia ini semuanya terlantar, kemudian kita terima di RSGS untuk kita rawat agar bisa hidup layak bersama dgn lansia lainnya, dan pemulasaraan ataupun terminasi akhir (pemakaman) Lansia merupakan tugas pokok dan fungsi rutin yang kami lakukan di Panti Lansia,” ujar Kepala Dinas Sosial Aceh melalui Kepala UPTD RSGS Intan Melya, Minggu (8 Maret 2020).

Intan menambahkan,pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial yang kemudian ditindaklanjuti oleh panti RSGS telah melaksanakan amanat Permensos RI Nomor 5 Tahun 2018 tentang standar nasional rehabilitasi  lanjut usia dengan baik.

“Kami selaku penyelenggara pemerintah wajib memastikan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat, tanpa membedakan. Kemudian tentunya yang memenuhi syarat kami layani guna mendapatkan pelayanan dasar sehingga dapat meningkatkan harapan hidup dan keberfungsian sosialnya bagi Lansia yang sedang kami rawat,” sambungnya.[]

 

Komentar
Baca Juga
Terbaru