DATA BMKG 07 April 2020

Tes SKD CPNS Kemenag Aceh Akan Digelar di Asrama Haji

Tes SKD CPNS Kemenag Aceh Akan Digelar di Asrama Haji

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Aceh H Saifuddin SE memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan tes CPNS.

HABADAILY.COM—Kemenag Aceh menggelar Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil akan digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh, 3-10 Maret 2020. SKD berbasis Computer Assisted Tested (CAT) tersebut akan diikuti 19.854 peserta.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Aceh H Saifuddin SE mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan seperti penataan ruang, pemasangan server, serta menyediakan perangkat komputer di ruang ujian. Menurutnya, ada 600 komputer yang disediakan oleh Kemenag Aceh.

"Persiapan sudah mencapai 80 persen, sudah dipasang jaringan, tinggal menunggu peralatan. Kita sudah siapkan 600 peralatan untuk per sesi yang diikutui 550 peserta. Jadi, ada 50 set peralatani cadangan kalau ada kendala," kata Saifuddin.

Berdasarkan perkiraan Kemenag Aceh, lanjut dia, ujian SKD akan selesai dalam waktu 8 hari. Sebab itu, pihaknya telah mengatur dalam satu sesi ada 550 peserta yang mengikuti ujian dengan jumlah 4-5 sesi dalam satu hari.

"Hari pertama 4 sesi, selanjutnya 5 sesi. Untuk mengejar selesai dalam 8 hari memang harus begitu. Dimana satu sesi durasinya 90 menit," sebutnya.

Saifuddin juga menjelaskan, pihaknya telah mengajukan kepada Kemenag RI agar dilakukan pemisahan antara pria dan wanita saat ujian. "Kita upayakan pisah antara perempuan dan laki-laki, ini sudah kita minta ke pusat sesuai syariat kita. Apakah lelaki semua yang masuk di  hari pertama, baru di hari terakhir perempuan yang masuk," ungkapnya.

Para peserta diminta hadir ke lokasi ujian 120 menit atau 2 jam sebelum ujian dimulai. Selain itu, para peserta juga diwajibkan untuk mengenakan baju putih dan bawahan berwarna hitam, ditambah lagi pita hijau yang dilekatkan di lengan kanan mereka. Untuk para wanita diminta mengenakan jilbab hitam.

"Ini tujuannya agar kelihatan bahwa mereka peserta. Kenapa hadir dua jam sebelum ujian, ini untuk diberikan PIN peserta dan juga registrasi," katanya.

Para peserta juga diimbau untuk menaati aturan lainnya yang berlaku di ruang ujian sebagaimana telah dicantumkan dalam tata tertib SKD yang diumumkan melalui website resmi Kemenag Aceh.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru