DATA BMKG 01 April 2020

Kodam IM Imbau Masyarakat Hindari Kebakaran Hutan

Kodam IM Imbau Masyarakat Hindari Kebakaran Hutan

Wakil Kepala Penerangan Kodam Iskanda Muda Letnan Kolonel CAJ (K) Usni .

HABADAILY.COMKhawatir dengan kondisi sebagian hutan di Aceh yang kerap terjadi kebakaran, Kodam Iskandar Muda (IM) meminta masyarakat untuk sama sama menjaga dan mencegah potensi kebakaran lahan dan hutan.

"Hospot yang terlihat kecil-keci, tapi banyak. Ini sangat meresahkan kita," kata Wakil Kepala Penerangan Kodam Iskanda Muda Letnan Kolonel CAJ (K) Usni di Media Center Kodam IM, Banda Aceh.

Karena itu, lanjut dia, prajurit TNI gencar melaksanakan sosialisasi pencegahan lahan dan hutan.  “Ini terus dilakukan para Babinsa di kecamatan. Setiap hari mereka berkeliling di daerah lahan perkebunan, menemui petani dan mengajak menjaga hutan dengan tidak membakar  hutan saat membuka lahan baru," sebutnya.

Usni menjelaskan, sosialisasi dan edukasi yang digelar TNI AD bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membakar hutan di musim kemarau.

"Sekarang ini pencegahan Karhutla juga menjadi tanggung jawab prajurit TNI. Jika sudah terjadi kebakaran, TNI bersama instansi terkait bakal dikerahkan untuk memadamkan api. Terkadang harus siaga bermalam-malam di hutan dan memadamkan api walau hanya mengunakan ranting,” beber Usni.

Dia berharap, sosialisasi yang dilakukan, baik oleh TNI maupun dari intansi lainnya, dapat menyadarkan semua pihak agar tidak melakukan pembakaran hutan dengan tujuan apa pun. “Kalau kita sama-sama saling menjaga, maka dapat mengurangi jumlah hospot dan dan hutan Aceh terlindungi," tutupnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru