DATA BMKG 10 Desember 2019
Pemerintah Aceh

Nova Minta KIA Gelorakan Semangat Keterbukaan Informasi Publik

Nova Minta KIA Gelorakan Semangat Keterbukaan Informasi Publik

Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Komisi Informasi Aceh (KIA).

HABADAILY.COM—Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengharapkan kehadiran Komisi Informasi Aceh (KIA) haruslah dapat menjamin keterbukaan informasi sebagai hak rakyat.

"Harus ada inovasi demi lahirnya semangat keterbukaan informasi," kata Nova usai melantik Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Komisi Informasi Aceh (KIA) Arman Fauzi sebagai anggota KIA priode 2016-2020, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Senin (18/11).

Arman Fauzi dilantik berdasarkan Surat No.161/1640/2019, tertanggal 4 Oktober 2019. Ia menggantikan Ketua KIA Afrizal Tjutra. Sementara posisi ketua KIA kini dijabat Yusran.

"Saya percaya saudara akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai tugas yang diberikan," kata Nova.

KIA hadir berdasarkan amanat Undang-undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. UU itu mengatur hak masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Dalam prakteknya memang tidak semua informasi dapat disampaikan secara terbuka. Misal informasi terkait rahasia negara, penyelidikan ataupun informasi yang merugikan ketahanan ekonomi nasional. Informasi tertutup itu kadang melahirkan sengketa. Karena itu Undang-undang kemudian mewajibkan adanya lembaga yang diamanatkan menyelesaikan sengketa di bidang informasi.

Nova berharap Arman Fauzi bisa meningkatkan sinergi dengan pemerintah Aceh, dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh. "Perjuangman penegakan hak publik untuk mendapatkan informasi menjadi lebih baik lagi di masa depan," kata Nova.

Pelantikan pengganti antar waktu  anggota KIA ini turut dihadiri Kepala Dinas Kominsa Marwan Nusuf, Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru