DATA BMKG 10 Desember 2019

Di UIN Ar-Raniry, Menag Kembali Singgung Larangan Cadar dan Celana Cingkrang

Di UIN Ar-Raniry, Menag Kembali Singgung Larangan Cadar dan Celana Cingkrang

Menag Fachrul Razi oleh ulama Aceh.

HABADAILY.COM—Menteri Agama Fachrul Razi kembali menyinggung persoalan larangan aparat pemerintah menggunakan cadar dan celana cingkrang. Hal itu disampaikannya saat bersilahturahmi dengan tokoh utama Aceh beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan UIN Ar-Raniry di Auditorium Alihasyimi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (18/11/2019).

Rencana pelarangan penggunaan niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah dengan alasan keamanan mulai menguat usai penusukan mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto.

Namun pada pertemuan yang dihadirkan oleh civitas akademika UIN Ar-Raniry dan para ulama Aceh, Menag Fachrul Razi menyatakan dirinya tidak pernah melarang pemakaian cadar dan celana cingkrang.

"Saya tidak pernah melarang orang memakia niqab/cadar dan juga celana cingkrang. Pemakaian niqab dan celana cingkrang juga tidak menentukan ketakwaan seseorang," ujar Fachrul Razi.

Menag menambahkan, sebaiknya aparatur negara tidak memakai cadar dan celana cingkrang sesuai dengan aturan perkantoran. "Saya juga menggunakan celana cingkrang saat di rumah, karena itu memudahkan saya saat pergi ke masjid yang berada di dekat rumah," katanya.

Selain membahas pemakaian cadar/niqab dan celana cingkrang, kunjungan kerja Menag yang pertama ke Aceh juga untuk menandatangani prasasti pengesahan pamakaian gedung Fakultas Sosial dan Politik beserta gedung laboratorium UIN Ar-Raniry.

Sebelum peresmian gedung, mantan wakil panglima TNI beserta istri juga disambut dengan adat Aceh, peusijuk (tepung tawari) oleh ulama dan jajaran Pemerintah Aceh beserta Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr H Warul Walidin AK MA.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru