DATA BMKG 18 November 2019

DPRK Banda Aceh Paripurnakan Peraturan Tatib Dewan

DPRK Banda Aceh Paripurnakan Peraturan Tatib Dewan

Ketua Pansus Tata Tertib DPRK Banda Aceh Irwansyah ST dan Ketua DPRK Banda Aceh  Farid Nyak Umar ST.

HABADAILY.COM—DPRK Banda Aceh, Senin (14 /10/19), menggelar rapat paripurna tentang peraturan tata tertib dewan. Hal itu dilakukan setelah sebelumnya Panitia Khusus (Pansus) merampungkan pembahasan rancangan peraturan tata tertib DPRK Banda Aceh tahun 2019-2024.

“Rencangan Tatib ini telah mendapat evaluasi dari Pemerintah Aceh,” kata Ketua Pansus Tata Tertib DPRK Banda Aceh, Irwansyah ST di sela-sela rapat Paripurna Tatib Dewan, Senin (14/10/19).

Menurut Irwansyah, hasis evaluasi dari Biro Hukum Setda Aceh sudah diterima pihaknya pada 11 Oktober 2019. "Peraturan Tatib ini menjadi pagar untuk semua anggota dewan, dan targetnya menjadikan lembaga DPRK ini bisa semakin berbobot dalam menjalankan fungsi semua fungsi yang melekat pada lembaga ini," sebutnya.

Selain itu, papar dia, peraturan Tatib dewan juga mengamanahkan penguatan unit-unit terkecil di DPRK Banyda Aceh. “Badan Kehormatan Dewan atau BKD benar-benar harus diperkuat. Begitu juga tentang kearifan lokal yang mengatur waktu sidang rapat harus dihentikan 15 menit sebelum azan dikumandangkan, serta dikumandangkan Shalawat Badar setelah Lagu Indonesia Raya setiap rapat paripurna,” katanya.

Sementara terkaiit sosialisasi qanun yang selama ini tidak sepenuhnya tersampaikan ke masyarakat, kata dia, ke depan harus dimaksimalkan. “Nanti akan ada satu peran baru dari DPRK untuk ikut serta mensosialisasikan setiap qanun yang diberlakukan di Banda Aceh," ungkap Irwansyah, yang didampingi anggota Pansus Tatib yakni Daniel A Wahab, T Arief Khalifah, Royes Ruslan, dan Musriadi.

Irwansyah juga menyinggung adanya peraturan terbaru tentang pembentukan fraksi.  “Sekarang ada ketentuan perpindahan anggota fraksi dibenarkan setiap 2 tahun 6 bulan, dengan ketentuan tidak boleh membuat fraksi gabungan baru sebelum fraksi lama bubar,” katanya.

Sidang Paripurna Tata Tertib Dewan dipimpin langsung Ketua DPRK Banda Aceh  Farid Nyak Umar, didampingi Wakil Ketua UsmanSE dan H Isnaini Husda.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru