DATA BMKG 15 September 2019
Pemko Banda Aceh

Sehari Anak Bersama Walikota Banda Aceh

Sehari Anak Bersama Walikota Banda Aceh

Aminulah foto bersama anak-anak dan pendamping mereka.

HABADAILY.COM—Pada Momen Peringatan Hari Anak Nasional Kota Banda Aceh Tahun 2019, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman meminta kepada seluruh jajaran stakeholder untuk mengutamakan perlindungan terhadap anak.

"Sebagai anak, mereka juga punya hak dan kewajiban yang harus diperhatikan. Yang paling utama adalah perlindungan bagi mereka," tegas Aminullah dalam sambutannya saat menghadiri acara Sehari Anak Bersama Walikota, Minggu (8/9/2019) di Pendopo Walikota.

Acara yang digelar DP3AP2KB itu dihadiri oleh seratusan anak dari forum-forum anak, panti asuhan dan disabilitas se-Kota Banda Aceh.

Turut hadir Sekdako Bahagia, Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Faisal, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bachtiar, Staf Ahli Rizal Junaidi, Ketua TP PKK Hj Nurmiaty AR, Ketua Dekranasda Ny Buraida, Kepala DP3AP2KB Kota Media Yulizar dan jajaran SKPK lainnya.

Di hadapan anak-anak, Aminullah juga menerangkan hak-hak dan kewajiban seorang anak. Katanya, banyak hak yang harus diberikan kepada anak-anak dimasa usianya yang masih dalam lingkungan pelajar.

"Anak-anak itu pada dasarnya punya hak untuk bermain, hak pendidikan, hak kesehatan, hak mendapatkan identitas dan hak perlindungan, ini yang paling utama," ungkapnya.

Menurutnya, selain hak dasar sebagai anak, anak-anak juga harus mendapat perlindungan ketat, seperti perlindungan dari kekerasan bahkan seksualitas.

"Kekerasan yang diperlihatkan kepada anak itu cenderung akan membentuk karakter yang tidak baik. Jika ada yang mendapati perlakuan terhadap anak, segeralah laporkan," kata Aminullah.

"Menjadi kota yang aman, sehat dan nyaman itu harus dibentuk sejak dini. Karena mereka adalah masa depan kota," tambahnya.

Aminullah juga menjelaskan kewajiban-kewajiban yang harus diberikan seorang anak. Sebagai anak, kata Aminullah, berbakti adalah hal yang utama. Kemudian belajar dan mampu menjadi yang terbaik bagi bangsa dan agama juga penting. "Namun dalam kehidupan sehari-hari itu kita juga harus menyadari untuk tidak terjerumus dengan barang haram narkoba, jauhi itu, karena sangat merusak generasi muda," harapnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru