DATA BMKG 13 November 2019
Forbike Pelopor Aceh

Saat Bikers Menggemakan Keselamatan di Jalan Raya

Saat Bikers Menggemakan Keselamatan di Jalan Raya

Forbike Pelopor Aceh

HABADAILY.COM - Forum Bikers (Forbike) Pelopor Aceh atas inisiasi beberapa klub/komunitas motor yang ada di Banda Aceh. Forum ini bertujuan membantu polisi lalu lintas dalam menciptakan ketertiban dan keselamatan berlalulintas di jalan raya, khususnya di Kota Banda Aceh yang semakin padat dengan lalu lalang kendaraan bermotor.

Dalam perjalanannya, Forbike Pelopor Aceh yang terbentuk pada 17 November 2017 ini berupaya memberikan contoh tata cara berkendaraan yang baik dan benar di tengah-tengah masyarakat.

“Kami berharap, keberadaan forum ini dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya,” sebut Koordinator Forbike Pelopor Keselamatan Berlalulintas Aceh, Vudy Dasli kepada HD Indonesia.

Dalam Forbike Pelopor Aceh, papar Vudy, tergabung 22 club motor yang ada di Banda Aceh dengan total anggota mencapai 250 orang. “Namun yang aktif secara rutin ada sekitar 100 sampai dengan 150 orang. Selebihnya hanya melibatkan diri di saat-saat tertentu,” ungkapnya.

Dijelaskannya, para bikers yang tergabung dalam forum tersebut sering melakukan rolling city dan safety riding dalam rangka mengkampanyekan pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya.

“Kita juga sering ‘kopi darat’ dengan sesame anggota forum dan pengurus klub otomotif yang ada di Aceh,” sebut Vudy. Forum Bikers Pelopor Keselamatan Berlalulintas Aceh ini juga memiliki agenda rutin bertajuk ‘Sunmori’. “Ini adalah singkatan dari Sunday Rade Morning Saat Bikers Menggemakan Keselamatan di Jalan Raya alias jalan-jalan dengan sepeda motor di Minggu pagi,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut dia, pihak berupaya memberi contoh yang baik kepada masyarakat luas dalam berkendaraan di jalan raya.

“Ya, memakai semua atribut kendaraan seperti kaca spion dan memakai helm. Selain itu, juga harus membawa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, terutama SIM dan STNK,” ungkap Vudy. 

Selama ini, para bikers yang tergabung dalam Forbake Pelopor Keselamatan Berlalulintas ini juga sering touring bersama menjelajahi berbagai daerah di Aceh, seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, Lhokseumawe, Takengon, Aceh Barat, dan daerah lainnya di lintas Timur dan lintas Barat Aceh.

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan pada Agustus lalu, forum ini bekerjasama dengan Polresta Banda Aceh mengadakan Touring Gabungan yang melibatkan 200 unit kendaraan bermotor dari berbagai varian. Touring gabungan ini mengambil start dari halaman Polresta Banda Aceh hingga kawasan wisata Bukit Suharto di Krueng Raya, Aceh Besar.

“Selain dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekan, kegiatan tersebut juga bertujuan mempererat silaturahmi antara para bikers dengan jajaran Polresta Banda Aceh,” ungkap Vudy.

Tak jarang, dalam setiap touring, Forbike Pelopor ini juga mengadakan bakti sosial di beberapa kawasan yang mereka lintasi.

“Kami juga sering mengadakan penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam, seperti donasi untuk korban gempa Palu dan Donggala beberapa waktu lalu,” tandas Vody.[]

Tulisan ini sudah tayang di HD Indonesia Edisi : 06  ( 15-31 OKTOBER 2019 )

Komentar
Baca Juga
Terbaru