DATA BMKG 18 November 2019
Piasan Seni 2019

Rentak Gaung Piasan Seni 2019

Rentak Gaung Piasan Seni 2019

Rentak Gaung Piasan Seni 2019 |FOTO:HABADAILY.COM / IST

HABADAILY.COM - Banyak kalangan menyambut antusias gelaran Piasan Seni 2019. Selain menghadirkan beragam manfaat bagi pelaku seni, juga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata akan menggelar kembali Piasan Seni 2019. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya ini menjadi ajang menunjukkan beragam kreativitas seni, baik secara komunitas maupun kreativitas individu para seni- man di Aceh.

Piasan Seni 2019 akan dilaksanakan pada 13-15 September 2019 di Taman Bustanussalatin (Taman Sari Banda Aceh. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, event ini dipastikan mampu menjadi ruang kreatif bagi komunitas dan pelaku seni yang berorientasi pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Banda Aceh.

Piasan Seni tahun ini mengusung tema ‘Inspirasi Ruang Karya’. Dengan tema ini diharapkan Piasan Seni menjadi sebagai salah satu ruang bagi komunitas dan pelaku seni untuk mengembangkan kreativitasnya. “Ini juga menjadi ruang inspirasi yang mendorong setiap pen- gunjung dan pelaku seni k untuk dapat terus berkarya, kreatif, inovatif, sehingga menghasilkan suatu karya yang bernilai tinggi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Iskandar kpada HD Indonesia, belum lama ini.

Iskandar menjelaskan, even ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Kata dia, Piasan Seni Banda Aceh 2019 tetap akan menampilkan karya-karya seni terbarukan dari pekerja seni, komunitas seni dan budaya yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya, serta dimeriahkan den- gan sederet stand seni dan kebudayaan.

“Bagi masyarakat atau pengunjung yang ingin belajar dan mencoba be- ragam aktivitas seni, dapat mengikuti workshop di stand tertentu, dengan cara menghubungi panitia pelaksana,” kata Iskandar.

Selain terdapat stand-stand kreatif dari komunitas seni dan pelaku seni, Piasan Seni juga mengadakan aneka lomba, seperti Lomba Tari Tradisi (Rapa’I Geleng), Lomba Tari Kreasi, Lomba Musikalisasi Puisi, dan Lomba Musik Kontemporer Etnik Aceh. Diharapkan, dengan adanya lomba-lomba ini dapat mempererat silaturahmi antara peserta lomba dan pelaku seni secara umum.

Perhelatan kesenian kali ini akan menghadirkan instalasi karakter. Dalam tiga hari Piasan Seni akan dimainkan beberapa karakter oleh para aktor sesuai dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. Untuk tema utama, instalasi karakter akan mengusung tema ‘Heri- tage Banda Aceh’.

Suguhan yang disajikan selama Piasan Seni 2019, yakni pameran seni, panggung seni, workshop seni, aneka lomba, instalasi karakter, lomba musika- lisasi puisi, lomba tari tradisional (rapai geleng), lomba tari kreasi, dan lomba musik kontemporer etnik Aceh.

Komentar
Baca Juga
Terbaru