UIN Ar-Raniry Promosikan Moderasi Beragama di Forum Internasional

July 11, 2024 - 10:49
Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman (dua dari kanan) saat menghadiri forum lintas agama dan peradaban di Jakarta, Rabu (10/7/2024). [Dok. Ist]
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM - Dalam upaya memperkuat dialog antaragama dan semangat Islam Wasathiyyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) turut serta dalam forum Interfaith and Intercivilizational Reception. 

Acara yang digagas oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama Republik Indonesia ini berlangsung di Hotel Pullman Jakarta Central Park pada Rabu (10/7/2024), dihadiri oleh tokoh-tokoh agama dari Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Mujiburrahman, menyatakan moderasi beragama adalah kunci untuk menciptakan keharmonisan di tengah masyarakat yang majemuk. 

"Kegiatan ini sejalan dengan misi pemerintah dalam memperkuat moderasi beragama sebagai jalan untuk mencapai kerukunan antar-umat beragama. Moderasi beragama yang berpijak pada ajaran Al-Qur'an dan hadis nabi dapat menjadi solusi untuk menjaga keutuhan bangsa," jelasnya.

Prof Mujib juga menekankan pentingnya forum internasional seperti ini dalam menyebarkan gagasan Islam Wasathiyyah. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.