Oknum Camat di Bireuen Diduga Terima Bantuan Rumah Jatah Orang Miskin

June 18, 2024 - 00:58
Bantuan rumah sehat sederhana yang diduga milik oknum mantan camat di Bireuen. Habadaily/Adi Saleum
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM—Oknum camat di Bireuen diduga menerima bantuan rumah sehat sederhana yang dianggarkan melalui Dana Otsus Bireuen 2017. Rumah yang dibangun di kawasan Geulanggang Baro, Kecamatan Kota Juang, itu hingga sekarang belum ditempati. 

“Rumah tersebut dibangun saat yang bersangkutan masih menjabat camat, tapi beliau sekarang sudah pensiun,” ucap Herman, pemuda setempat sambil menjuk rumah bantuan tersebut, Senin (17/6/2024).

Sejak dibangun pada 2017, lanjut Herman, sampai sekarang belum pernah ada yang menempati rumah itu. “Ya, terbengkalai seperti ini, padahal banyak warga miskin yang membutuhkan rumah layak huni,” paparnya.

Menurut dia, kuat dugaan sang camat sengaja mengalihkan hak orang miskin untuk dirinya. “Bisa jadi beliau menggunakan nama orang lain di daftar penerima manfaat, lalu mengalihkan bantuan itu dan membangun rumah bantuan tersebut di lahan miliknya,” tutur Herman.

Dikatakannya, nama yang tertera sebagai penerima manfaat rumah bantuan itu juga hampir sama dengan nama oknum mantan camat tersebut. “Apakah dinas terkait kecolongan atau memang ikut bermain, sehingga bantuan ini lolos sensor (lolos verifikasi),” sebutnya. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.