SE Baru Mendagri: Gandeng Wartawan untuk Legitimasi Hasil Pilkada

May 22, 2024 - 14:34
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. [Dok. IG titokarnavian]
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 200.2.1/2222/SJ tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. 

SE ini ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota di seluruh Indonesia dengan tujuan menjaga agar Pilkada 2024 berjalan aman dan damai.

Dalam keterangan resmi pada Selasa (21/5/2024), Tito menekankan pentingnya koordinasi lintas pihak. Kepala daerah diharapkan berkoordinasi dengan forum pimpinan daerah, pemangku kepentingan terkait, serta aparat keamanan yang meliputi TNI dan Polri. 

Tito juga menyarankan agar tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat lainnya dilibatkan untuk menciptakan stabilitas penyelenggaraan pemerintahan, ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat sesuai tugas dan fungsi.

Selain itu, Tito mengimbau kepala daerah untuk memastikan realisasi anggaran dana hibah Pilkada Serentak 2024 sebesar 60 persen dari total dana hibah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.