Ancaman Keamanan, Apple Hapus Aplikasi WhatsApp di Tiongkok

April 22, 2024 - 12:00
Ilustrasi: ePrompto
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM - Di tengah meningkatnya tekanan dari pemerintah Tiongkok, Apple memutuskan untuk menarik aplikasi WhatsApp dan Threads dari toko aplikasinya di negara tersebut. Langkah ini diambil setelah perintah dari otoritas pengawasan internet Tiongkok yang merujuk pada masalah keamanan nasional.

Juru bicara Apple menyatakan, meskipun tidak setuju, pihkanya tetap harus mematuhi hukum setempat di negara di mana mereka beroperasi. 

Seperti dilansir dari CNN, Jumat lalu (19/4/2024), kedua aplikasi dimiliki Meta tersebut sebelumnya sudah diblokir di Tiongkok dan hanya dapat diakses melalui jaringan pribadi virtual (VPN). Meskipun demikian, penghapusan mereka dari toko aplikasi Apple menandai perpisahan yang lebih dalam antara teknologi domestik dan internasional.

Duncan Clark, ketua penasihat investasi BDA China, mengatakan bahwa keputusan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen dan pelaku bisnis di Tiongkok yang bergantung pada kedua aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar negeri.

Meskipun demikian, aplikasi media sosial lainnya seperti X (sebelumnya Twitter), Facebook, Instagram, dan Messenger masih tetap tersedia di Tiongkok. Hal ini menunjukkan bahwa Apple masih mempertahankan beberapa layanan meskipun tekanan dari pemerintah Tiongkok semakin meningkat.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.