Proyek Jalan Krueng Simpo Blang Mane Diduga Dikerjakan Asal Jadi

February 21, 2024 - 00:09
Belum lama dikerjakan, aspal jalan Krueng Simpo - Blang Mane sudah terkelupas. HABADAILY.COM/ADI SALEUM
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM—Proyek struktur jalan Krueng Simpo Blang Mane, Bireuen, senilai Rp20 miliar lebih diduga dikerjakan asal jadi. Usai dibangun, aspal jalan tersebut mulai terkelupas dan berlubang di beberapa titik. 

Pembangunan jalan penghubung Kecamatan Juli dan Kecamatan Peusangan Selatan itu didanai APBN 2023 melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh. 

“Pembangunan jalan ini sudah lama didambakan masyarakat Peusangan Selatan dan Juli. Sayangnya, pembangunannya ‘lage pliek’ (seperti patarana),” sebut Saiful, tokoh muda yang berdomisili di lintasan jalan tersebut, Selasa (20/2/2024).

Dikatakannya, jalan tersebut baru selesai dikerjakan sekira 3 bulan lalu. Namun, aspalnya sudah banyak yang terkelupas dan berlobang. “Begitu juga dengan saluran di sisi jalan, sudah banyak yang retak-retak,” paparnya, sambil menunjukkan sejumlah ruas jalan dan tanggul jalan yang mulai rusak. 

Menurut dia, kawasan tersebut juga rawan longsor. Terlebih dengan kondisi pembangunan jalan yang terkesan asal-asalan. “Bila nanti longsor, jangan kondisi alam yang disalahkan. Padahal pengerjaan jalan ini memang asal jadi,” sebut Saiful. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.