Kasus PNPM Gandapura Bireuen Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh

December 1, 2023 - 20:41
Pelimpahan berkas kasus PNPM Gandapura ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM--Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen melimpahkan berkas perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi Penyelewengan Dana Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Gandapura, Bireuen, ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh, Jumat (1/12/2023).

"Pelimpahan berkas perkara ini merupakan rangkaian dari proses Hukum Acara Pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 7, Pasal 137 serta Pasal 152 ayat (1) dan (2) KUHAP," sebut Kajari Bireuen Munawal Hadi SH MH melalui Kasi Tindak Pidana Khusus Siara Nedy SH MH.

Dalam penanganan perkara tersebut, Munawal Hadi juga bertindak sebagai Penuntut Umum. "Dengan pelimpahan berkas perkara ini, maka Ketua Pengadilan Tipikor dalam segera menunjuk hakim yang akan menyidangkannya, serta segera menetapkan jadwal persidangan," sebutnya.

Dalam pelimpahan itu, lanjut dia, juga disertakan surat dakwaan terhadap terdakwa yang nantinya akan dibacakan oleh Penuntut Umum di persidangan. "Dalam perkara ini terdapat dua terdakwa yang akan disidangkan, masing-masing berinisial SM dan F," ujar Munawal Hadi.

Dijelaskannya, SM dan F didakwa telah melanggar Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 jo Pasal 18 ayat (1) huruf a, b, ayat (2), dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.