M Nur Lamnga Kontingen Aceh Besar Raih Juara I Lomba Hikayat PKA 8

November 11, 2023 - 23:59
M Nur Lamnga, kontingen Kabupaten Aceh Besar, meraih juara pertama dalam kategori Lomba Mengarang dan Baca Hikayat pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Kompleks Taman Budaya Kota Banda Aceh, Jumat (10/11/2023). FOTO For Habadaily.com
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM - M Nur Lamnga, kontingen Kabupaten Aceh Besar, meraih juara pertama dalam kategori Lomba Mengarang dan Baca Hikayat pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Kompleks Taman Budaya Kota Banda Aceh, Jumat (10/11/2023).

M Nur Lamnga mengarang dan membacakan hikayat yang berjudul “Troh Ban Hajat” yang menceritakan cita-cita seseorang menunaikan haji dengan hasil rempah. Dengan kegigihannya akhirnya orang tersebut mampu menunaikan haji menuju tanah suci. Hikayat tersebut menjadi yang terbaik dengan meraih nilai 489.

“Cerita itu dikemas dan disajikan dengan alur dan konten yang baik serta sesuai tema PKA VIII. Sehingga seniman Aceh Besar ini akhirnya terpilih  sebagai juara pertama membaca hikayat pada PKA 8,” kata Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar, Mariadi, Sabtu (11/11/2023).

Mariadi mengatakan, M Nur Lamnga merupakan seniman DKA Aceh Besar yang bernaung di bawah bendera Sanggar Seueng Samlakoe yang diketuai seniman terkenal Syeh Medya Hus.

“M Nur itu, dari Sanggar Seueng Samlakoe di mana ia juga menjadi bagian dari DKA Aceh Besar, tentu saja kita turut bangga, seniman Aceh Besar mampu menunjukkan kelasnya di ajang PKA 8. Lomba hikayat itu juga diikuti banyak seniman yang hebat, namun M Nur Lamnga mampu menjadi juara pertama dan ini bukti pembinaan seniman terus mendapat perhatian,” ucap Mariadi.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.