Aceh Besar Gelar Diseminasi Hasil Kajian Kelayakan Pengembangan Produksi Garam Unggul

October 11, 2023 - 22:53
Peserta diseminasi hasil kajian kelayakan pengembangan produksi garam unggul di Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa (10/10/2023). FOTO For Habadaily.com
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM - Pemerintah Aceh Besar, menggali potensi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah,  Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melakukan usaha-usaha kreatif dengan meningkatkan produktivitas produk unggulan daerah. Sekaligus memiliki tujuan utama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik  sekaligus memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Dalam kaitan itu, Pemkab Aceh Besar melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Besar, menggelar diseminasi hasil kajian kelayakan pengembangan produksi garam unggul di Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa (10/10/2023).

Kepala Bappeda Aceh Besar, Rahmawati, SPd, mengatakan, berdasarkan data badan pusat statistik, sejak tahun 2019 , laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Aceh Besar relatif tinggi hingga mencapai 4,31 persen dan pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan drastis yaitu sebesar 0,39 persen, akibat pengaruh melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan ekonomi nasional yang cenderung negatif karena pandemi covid-19.

“Kondisi ekonomi Aceh Besar mulai membaik pada tahun 2021 hingga tahun 2022 yang sampai saat ini mengalami peningkatan sebesar 3,87 persen,” katanya.

Ia menjelaskan, pendapatan per kapita sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2018, tercatat sebesar Rp 22,91 miliar. Kondisi ini naik setiap tahunnya sampai dengan tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp 25,71 miliar. Secara  riil, kenaikan angka PDRB per kapita yang sangat signifikan ini ikut menurunkan pengaruh inflasi di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.