Peresmian RSUD Peusangan Raya Diduga Sebatas Kepentingan Politik Pragmatis

May 25, 2023 - 21:17
Gedung eks Puskesmas Peusangan yang dijadikan RSUD Peusangan Raya.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Peresmian RSUD Peusangan Raya Bireuen di gedung eks Puskesmas Peusangan diduga sebatas kepentingan politik pragmatis kelompok tertentu. Terbukti, sejauh ini belum bisa dioperasionalkan sehingga merugikan masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

Banyak kalangan menilai, penggunaan gedung Puskesmas Peusangan sebagai RSUD Peusangan Raya terlalu dipaksakan. Akibatnya, gedung tersebut terbengkalai dan layanan Puskesmas Peusangan tidak maksimal setelah dipindahkan ke lokasi lain.

Diketahui, RSUD Peusangan Raya diresmikan oleh Pj Bupati Bireuen pada 14 November 2022. Namun, sampai sekarang rumah sakit yang berlokasi di Gampong Blang Asan, Kecamatan Peusangan, itu masih sebatas gedung kosong. Disinyalir, kondisi tersebut dikarenakan tidak memenuhi standar pelayanan kesehatan untuk ditetapkan sebagai UPTD Rumah Sakit Umum Daerah. 

“Peralihan Puskesmas Peusangan menjadi RSUD Peusangan Raya adalah tindakan memaksakan kehendak demi kepentingan kalangan tertentu. Tindakan tersebut berimbas pada memburuknya pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Subarni, Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Peusangan, Rabu (24/5/2023).

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.