Beredar Video Komitmen Jual-Beli Suara

Indikasi Politik Uang Mulai Mencuat di Bireuen Jelang Pemilu 2024

May 25, 2023 - 18:32
Ilustrasi Politik Uang.
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM—Meski tahapan Pemilu 2024 masih pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), indikasi jual-beli suara mulai mencuat di Kabupaten Bireuen. Bahkan video tentang komitmen harga suara untuk calon legislatif beredar liar di media sosial.

Video transaksi money politic itu diduga diunggah langsung pelakunya di akun facebook miliknya. Unggahan video tersebut semakin menguatkan kemungkinan terjadinya politik uang yang dilakukan terang-terangan di Kabupaten Bireuen pada Pemilu 2024 nantinya. 

“Saat ini Pemilu baru memasuki tahapan pendaftaran Bacaleg, tapi indikasi politik uang sudah menguat di Kabupaten Bireuen,” sebut warga Kota Juang yang sempat menonton video tersebut, Rabu (24/5/2023).

Dia menduga, para ‘agen suara’ memang sudah mulai bergerilya di perkampungan warga untuk membuat komitmen harga suara dengan calon pengguna hak pilih. “Salah satunya ya seperti yang diunggah di akun facebook atas nama Anderson ini,” sebut sumber yang minta namanya tidak ditulis ini.

Pantauan media ini, video yang diunggah di laman Facebook Anderson itu dibumbui kata pengantar ‘mantan Inong Bale siap mengerahkan pasukan untuk mendukung Bacaleg tertentu menuju Kursi DPRA’. Video berdurasi 01,14 detik tersebut terang-terangan mengekploitasi aksi jual-beli suara dengan harga yang menggiurkan calon pemilih.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.