Hiswana Migas Aceh Temukan Penjualan LPG 3 Kg di Atas HET

March 20, 2023 - 16:30
Ketua Hiswana Migas Aceh Nahrawi saat menjumpai para pelaku usaha kuliner di Banda Aceh.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Wilayah Aceh masih menemui penjualan LPG 3 Kg di atas Harga Enceran Tertinggi (HET). Karena itu, pemerintah di Aceh diminta menertibkan pengecer ilegal menjelang Ramadan.

“Sejumlah pedanggang kuliner di kawasan Darussalam mengeluh, harga LPG 3 Kg mencapai Rp38.000 hingga Rp40.000 per tabung. Ini jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp18.000,"  sebut Ketua Hiswana Migas Aceh Nahrawi, usai menemui sejumlah pedanggan kuliner di Lapangan Tugu, Kawasan Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (18/03/23).

Menurutnya, pedanggang mengeluh sulitnya mendapatkan LPG 3 kg di pangkalan, karena kuota terbatas. Sehingga mereka terpaksa membeli di kios kios pengecer dengan hargamencapai dua kali lipat dari HET. “Ini sangat aneh, dari mana LPG 3 kg yang dijual di kios kios? Seharusnya LPG tiga kilogram hanya dijual di pangkalan,” sebut Nahrawi.

Nahrawi mendesak intansi terkait untuk memperketat pengawasan peredaran LPG 3 kg di Aceh, sehingga LPG yang dikhususkan untuk masyarakat miskin tersebut benar-benar tepat sasaran. “Apalagi beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramdhan, tinggkat kebutuhan LPG akan lebih banyak,” katanya.

Jika tidak diperketat pengawasan penjualan LPG 3 kg ini, lanjut dia, dikhawatirkan pelaku usaha mikro khusunya para pedanggan kuliner akan semakin sulit mendapatkan LPG melon selama bulan puasa ini. “Ini harus diantisipasi dari sekarang,” harap Nahrawi.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.