Perempuan Korban Penganiayaan di Bireuen Kecewa dengan Vonis Hakim

March 8, 2023 - 22:39
Persidangan kasus penganiayan terhadap tiga perempuan yang digelar PN Bireuen.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Majelis Hakim memvonis Iqbal Muhammad lima bulan penjara dalam kasus penganiayan tiga perempuan di Gampong Blang, Kecamatan Pandrah, Bireuen. Vonis ringan tersebut mengecewakan para korban.

Putusan vonis itu dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bireuen, Rabu (8/3/2023). “Saudara Iqbal Muhammad dinyatakan bersalah dan dihukum lima bulan penjara,” kata Majelis Hakim yang diketuai T Almadyan SH MH serta dibantu dua hakim anggota, Fuady Primaharsa SH MH dan M Muchsin Alfahrasi Nur SH MH. 

Usai persidangan, tiga korban penganiayaan yang merupakan ibu dan dua putrinya itu mengaku sangat kecewa dengan vonis hakim. Mereka yakni Nurlaila (55), Putri Karuna Dewi (29), dan Haula Ludhfia (23).  “Dengan vonis ringan ini, berarti di Bireuen sudah tidak ada lagi keadilan bagi kaum hawa yang menjadi korban kekerasan,” sebut Nurlaila.

Hukuman lima bulan penjara, kata dia, tidak sebanding dengan apa yang telah dilakukan Iqbal terhadap dirinya dan dua putrinya. “Ini tidak memberikan rasa keadilan bagi kami. Makanya kami akan berusaha banding,” tegas Nurlaila.

Menurut Nurlaila, pihaknya mencurigai adanya permainan dalam penanganan perkara tersebut di Kejari Bireuen. “Awalnya Kasi Pidum mengatakan jangan mau berdamai karena kasus ini parah. Tapi setelah terdakwa Iqbal sudah ditahan, pernyataan mereka berubah drastis seperti membalik telapak tangan. Kami dipaksa untuk berdamai, jika tidak mau berdamai maka kami tidak dapat apa-apa,” paparnya. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.