Abu Suhai Sorot Aset Pemkab Bireuen yang Terbengkalai

February 24, 2023 - 00:18
Abu Suhai saat mendatangi Balai Benih Ikan (BBI) Batee Iliek beserta sejumlah rumah dinas yang dibiarkan terbengkalai.
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM—Wakil Ketua DPRK Bireuen Suhaimi Hamid menyesalkan banyak aset Pemkab Bireuen yang tidak dimanfaatkan untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejumlah gedung milik pemerintah daerah bahkan terbengkalai sehingga menyerupai rumah hantu.

“Melihat kondisi sekarang, Bireuen akan menjadi kabupaten tempat peranak-pinak hantu di gedung-gedung tua yang merupakan aset daerah,” sebut Suhaimi Hamid, Kamis (23/2/2023).

Legislator yang akrab disapa Abu Suhai ini menyebutkan, aset yang seharusnya bermanfaat bagi pemerintah dan rakyat serta menjadi sumber PAD, tapi justru dibiarkan mubazir. “Aset yang menjadi sumber PAD malah terbuang pecuma. Ada yang sejak dibangun tidak dipakai. Ada juga yang hanya dipakai beberapa tahun, lalu ditinggalkan dan dibiarkan mubazir,” katanya.

Padahal, lanjut Abu Suhai, kalau dihitung-hitung berapa banyak anggaran rakyat yang terpakai untuk membangun gedung-gedung tersebut. “Kalau dana tersebut dipakai untuk membangun rumah masyarakat miskin, tentu sudah berkurang rakyat Bireuen yang belum memiliki rumah,” katanya.

Dikatakannya, gedung-gedung tua tersebut bisa dilihat di hampir semua kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. “Antara lain gedung Balai Benih Ikan (BBI) Batee Iliek di Kecamatan Samalanga, beberapa gedung perkantoran yang tidak dipakai lagi, dan lainnya,” beber Abu Suhai.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.