Polresta Banda Aceh Sidak Pangkalan Elpiji Bersubsidi

February 23, 2023 - 23:27
Tim gabungan pantau penyaluran elpiji tiga kilogram bersubsidi di Banda Aceh.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Tim gabungan Sat Reskrim Polresta Banda Aceh bersama pihak terkait melakukan Sidak sekaligus pengontrolan pangkalan elpiji bersubsidi, Kamis (23/2/2023). Kegiatan ini berlangsung di dua pangkalan dalam Gampong Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. 

Di lokasi yang dipantau petugas, terlihat kaum perempuan dan lainnya mengantre pengambilan jatah gas elpijinya yang baru saja tiba di pangkalan. Tim juga sempat berkomunikasi dengan pihak pengelola pangkalan beserta warga yang sedang mengantre. Alhasil, diketahui kedua pangkalan tersebut memang menyalurkan elpiji bersubsidi sesuai aturan.

Seorang wanita yang enggan menyebutkan namanya mengaku bahwa stok elpiji di pangkalan ini memang selalu tersedia dengan harga jual yang normal yakni Rp18 ribu per tabung.  Setiap satu KK untuk kebutuhan rumah tangga, kata dia, pihak pangkalan memberikan jatah pengambilan per tiga hari sekali. Berbeda bagi para pedagang yang diizinkan setiap hari.

"Tiga hari sekali diisi ulang, harganya masih Rp18 ribu per tabung. Kalau di pangkalan ini selalu ada, seminggu tiga kali dan itu tidak menentu. Jatah untuk satu KK tiga hari sekali, kalau untuk orang dagang boleh ambil tiap hari," bebernya.

Seorang pedagang kecil yang ikut mengantre mengaku sering membeli gas elpiji melon seharga Rp35 ribu per tabung di kios-kios.  "Kita juga sering beli yang harga Rp35 ribu per tabungnya (di kios). Dari pada nggak jualan, terpaksa kita beli. Kalau rumah tangga, kita bisa pakai satu hingga dua minggu satu tabung. Kalau orang jualan itu tiga tabung habis dalam seminggu," ucapnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Banda Aceh, Jalaluddin mengatakan pihaknya akan terus memantau distribusi elpiji bersubsidi agar harga di pasaran tetap terkendali. "Kita juga akan melakukan penertiban di pasaran agar penjualannya sesuai dengan aturan. Kita akan pantau terus dan cek di pangkalan apakah sesuai atau tidak," ungkapnya.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.