Ekses Galian C, Enam KK di Peudada Mandi Lumpur

November 19, 2022 - 21:39
Mariani (50), warga Sawang, Kecamatan Peudada, yang rumahnya digenangi lumpur luapan galian C.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Nasib pilu menimpa enam Kepala Keluarga (KK) di Gampong Sawang, Kecamatan Peudada, Bireuen. Setiap turun hujan, rumah mereka diterjang lumpur luapan galian C di kawasan itu.

“Bila musim hujan seperti ini, kami bukan hanya menerima luapan air sungai, tapi juga diterjang lumpur akibat galian C di atas sana,” ujar Mariani (50),  warga yang rumahnya digenangi lumpur luapan galian C, Sabtu (19/11/2022).

Mariani menjelaskan, sebelumnya delapan KK yang menjadi langganan banjir lumpur itu sering mendapat kompensasi dari pemilik galian C. “Dulu setiap musibah ada perhatian dari pemilik galian C, tapi sekarang mereka sudah tidak peduli lagi,” ungkapnya.

Padahal setiap musim hujan, kisah wanita berusia lanjut ini, pihaknya harus bersusah-payah membersihkan lumpur yang menerobos masuk ke dalam rumah. “Mudah-mudahan ada perhatian dari Pemkab Bireuen untuk membangun saluran pembungan yang layak agar setiap musim hujan kami tidak mandi dengan lumpur seperti ini,” harap Marini, didampingi korban banjir lumpur lainnya.

© 2022 PT Haba Inter Media | All rights reserved.