Pembangunan Ruko di Depan RS Fauziah Bireuen Tutupi Akses ke Balai Pengajian, Warga Protes Pengembang

September 29, 2022 - 18:57
Pembangunan roko di lahan PT KAI menutupi akses menuju balai pengajian Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.
1 dari 3 halaman

Warga Dusun Capa Utara Gampong Bireuen Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, memprotes pembangunan ruko di depan RSUD Fauziah Bireuen. Pasalnya, pembangunan ruko di lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu menutupi akses menuju balai pengajian di dusun setempat.

Zulkarnen, Keuchik Gampong Bireuen Meunasah Capa, mengatakan pembangunan ruko di lahan PT KAI itu terkesan dipaksakan meski mendapat protes dari masyarakat setempat. “Selain mengganggu aktivitas warga, pembangunan ruko itu juga menutupi jalan satu-satunya menuju balai pengajian.” Kata Zulkarnen kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Menurut Zulkarnen, sebelumnya pihak gampong sudah melakukan mediasi dengan pengembang. Bahkan pihaknya juga sudah menawarkan ganti rugi sewa tanah PT KAI, lokasi ruko itu dibangun. “Itu pun tak membuahkan hasil karena pihak pengembang mematok harga seperti sewa ruko. Itu kan tidak logis,” ungkapnya.

Dalam hal ini, papar Zulkarnen, pihaknya sempat mempertanyakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pembangunan ruko tersebut, namun pihak pengembang tak pernah menunjukkan IMB yang diminta itu.

© 2022 PT Haba Inter Media | All rights reserved.