Melihat Peyasan Seni Awak Awai di Taman Seni dan Budaya Aceh

September 25, 2022 - 02:10
Thayeb Loh Angen saat tampil di Peyasan Seni Awak Awai di Taman Seni dan Budaya Aceh, Sabtu (25/09/2022). FOTO. For Habadaily.com
1 dari 2 halaman

BANDA ACEH | ‘Peyasan Seuni Awak Awai’ 2022 menjadi sebuah acara yang luar biasa dari biasanya, kegiatan ini menampilkan aktor ‘Teater Mata’ era 1990-an hingga 2000-an.

Sederet seniman senior asal Aceh akan tampil pada pertunjukan piasa seni ini, di antaranya Hasbi Burman, Rapai Tuha Syeh Lam Tapa Aceh Besar, Udin Pelor, Thayeb Loh Angen, Barlian AW, Nazar Debus, Zulfikar Sawang, Rahmad Sanjaya dan Bengkel Musik Batas, serta Komunitas Musik Moritza Thaher. 

“Pertunjukan ini sebagai salah satu cara untuk menyapa para seniman senior Aceh. Kita berupaya membuat panggung untuk mereka tampil, walaupun hanya mampu duduk di atas panggung tanpa bersuara, seperti Udin Pelor yang akan tampil pada kesempatan ini,” kata Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, Sabtu (25/09/2022) di Banda Aceh.

Kata Almuniza, Ajang ini sebagai ajang reuni para seniman yang sejak puluhan tahun lalu hingga kini masih konsisten pada profesinya. Sebagaimana diketahui, seiring perkembangan zaman para seniman yang telah berumur tersebut semakin jarang mendapat kesempatan dan ruang tampil. 

"Sudah sepatutnya, para seniman muda tidak melupakan jasa-jasa para seniman yang lebih dahulu berkiprah di dunia kesenian. Mereka telah banyak mengajarkan kita berbagai ilmu dalam seni dan berkesenian yang mereka miliki, baik secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.  

© 2022 PT Haba Inter Media | All rights reserved.