Festival Panen Kopi Gayo 2022 Digelar di Desa Kute Lintang dan Pegasing

Habadaily | Traveling - September 5, 2022 - 02:28
Festival Panen Kopi Gayo kembali digelar di Desa Kute Lintang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, pada Sabtu, (03/09/2022). FOTO. For habadaily.com

TAKENGON | Festival Panen Kopi Gayo kembali digelar di Desa Kute Lintang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, pada Sabtu, (03/09/2022). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, membuka acara itu.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh tersebut dilaksanakan selama dua hari oleh masyarakat Desa Kute Lintang berkoloborasi dengan Desa Pegasing.

Di Festival Panen Kopi Gayo ini, para warga juga memperkenalkan berbagai kerajinan dan kuliner khas daerah dataran tinggi tersebut. Tak hanya itu, emak-emak di desa ini juga ikut menyemarakkannya dengan menampilkan tradisi kesenian Gayo.

“Saya lihat ekosistem kepariwistaan di sini sudah hidup. Semoga desa ini bisa menjadi contoh desa-desa yang lain di Aceh Tengah, sehingga pariwisata di Tanah Gayo ini menjadi subsektor utama, yang akan membangkitkan seluruh perekonomian di wilayah Aceh Tengah, insyaallah,” Kata Almuniza.

Kata Almuniza berpesan, kepada reje (kepala desa) dan orang tua di Desa Kute Lintang dan Pegasing agar selalu semangat mengarahkan pemuda-pemudi di desa setempat. 

“Saya berharap kepada reje terus semangat mengawal pemuda-pemudi di sini. Kepada pemuda-pemudi, meskipun pemikiran anda hebat, tolong tetap meminta arahan kepada reje dan org tua, itu lebih penting. Kita enggak akan hebat jika tak ada peran mereka. Kekuatan saja tidak cukup, harus ada yang mengarahkan. Mari kita sama-sama memberikan semangat kebersamaan dan  silaturahim. Semoga event yang natural seperti ini, ke depan bisa kita selenggarakan setahun/ sebulan sekali,” pintanya.

Promosi Budaya dan Pariwisata

Ketua Panitia Festival Panek Kopi Gayo, Baginda Raya mengatakan event tersebut dipersiapkan dengan penuh kesederhanaan ala warga Desa Kute Lintang dan Pegasing.

Pemuda-pemudi kedua desa mengemas festival ini dengan kearifan lokal, agar esensi tradisi masyarakat Gayo tersebut mampu memikat wisatawan domestilk dan mancanegara untuk berkunjungan ke Aceh Tengah.

Reje Kute Lintang, Samsul Bahri mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah mempercayakan desanya menggelar Festival Panen Kopi Gayo. 

“Alhamudilillah, berkat kekompakan antar pemuda, kami bisa melangsungkan kegiatan ini untuk pertama kalinya,” ungkapnya.

Festival Panen Kopi Gayo ini turut dihadiri, Anggota DPR Aceh, Bardan Sahidi, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah, Zulkarnain, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Kute Lintang dan Pegasing.[]

Share: