PWI Aceh Besar Bekali Ilmu Jurnalistik bagi Ratusan Calon Babinsa Kodam IM

Habadaily | Community - August 23, 2022 - 00:04
Aceh Besar: Ratusan calon Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam Iskandar Muda (IM) mendapat pembekalan jurnalistik dari PWI Aceh Besar. Pembekalan itu di isi, Dewan Pembina PWI Aceh Besar, Iranda Novandi dan Azhari Usman, Wakil Sekretaris. FOTO. For habadily.com

ACEH BESAR | Ratusan calon Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam Iskandar Muda (IM) mendapat pembekalan jurnalistik dari PWI Aceh Besar. Pembekalan itu di isi, Dewan Pembina PWI Aceh Besar, Iranda Novandi dan Azhari Usman, Wakil Sekretaris.

Pembekalan ini sekaligus persiapan bagi calon Babinsa untuk siap menghadapi para wartawan di lapangan nantinya. Dengan memberikan informasi tentang berbagai hal di desa binaan mereka.

Danrindam IM Kolonel Inf Kristomei Sianturi melalui Dansecaba Rindam IM, Letkol Inf Andri Sagita Putra mengatakan, ada 111 calon Babinsa yang saat ini sedang mengikuti pendidikan khusus di Sekolah Calon Bintara (Secara) Rindam IM di Mata Ie, Aceh Besar.

Mereka didik selama satu bulan. Nantinya, setelah dinyatakan lulus akan mendapat kenaikan pangkat dari Tamtama ke Bintara. Kemudian dijadikan Babinsa di desa-desa yang menjadi wilayah binaan di seluruh Aceh.

“Pendidikan khusus ini, sekaligus pendidikan alih golongan dari Tamtama ke Bintara,” ujar Letkol Inf Andri, Senin 22 Agustus 2022 di Secata Rindam IM.

Letkol Inf Andri berharap, dengan bekal ilmu jurnalistik yang dimiliki para calon Babinsa ini, nantinya bisa terjun langsung memberikan keteragan pers pada wartawan tentang apa yang mereka lakukan. 

Sementara itu, Iranda Novandi yang juga Kepala Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI Aceh dalam pembekalannya memberikan dasar jurnalistik, terutama dalam membuat press rilis dengan prinsif dasar 5 W+ 1 H.

Selain itu, juga dibekali cara menghadapi wartawan. Sehingga, ketika diwawancarai wartawan di lapangan, para Babinsa tidak canggung atau takut memberikan keterangan. Sehingga informasi yang dibutuhkan wartawan, itu bisa terpenuhi dari sumber pertama, yakni Babinsa.

“Babinsa adalah garda terdedepan TNI khususnya TNI AD dalam menyampaikan informasi yang terjadi di daerah,” jelas Iranda yang juga Pemred halaman7.com ini.

Dalam pembekalan itu, juga dilakukan simulasi, berupa wawancara, antara wartawan dan Babinsa. Simulasi ini dilakukan langsung Azhari Usman. Pemred KontrasAceh.net ini, sempat melakukan wawancara terhadap tiga Babinsa dari Kodim Gayo Lues, Aceh Tengah dan Kodim Aceh Jaya.

Simulasi ini dilakukan dihadapan ratusan Babinsa yang sedang menjalani pendidikan tersebut dan juga di hadapan Komandan Pleton (Danton) dan juga pelatih di Secata Rindam IM.[]

Share: