Puluhan Pemuda dan Mahasiswa Ikuti Literasi Digital di Aceh Besar

Habadaily | Community - August 23, 2022 - 23:32
Puluhan masyarakat yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa wilayah Aceh Besar, mengikuti seminar Literasi Digital Saweu Gampong 1000 Gerakan Makin Cakap Digital Aceh. Selasa (23/08/2022). FOTO. For Habadaily.com

ACEH BESAR | Puluhan masyarakat yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa wilayah Aceh Besar, mengikuti seminar Literasi Digital Saweu Gampong 1000 Gerakan Makin Cakap Digital Aceh.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), Kominfo Pusat dan Siberkreasi, serta didukung oleh RTIK Aceh dan RTIK Kabupaten Aceh Besar berlangsung di Aula Fakultas MIPA USK, Banda Aceh, Selasa (23/08/2022).

Ketua Relawan TIK Aceh Besar, Muliadi Saputra, mengatakan, Konsep serta proses pengembangan gampong telah mengalami pergeseran dan tidak lagi hanya terfokus pada sektor agraris dan infrastruktur saja, melainkan telah mengarah pada penumbuhan nilai-nilai literasi digital berbasis pemanfaatan TIK.

"Di era digital ini sangat perlu pembelajaran dan penerapan konsep cakap bermedia digital untuk semua orang khususnya untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat khususnya," katanya.

Kata Muliadi, dengan Tema 1000 gerakan Cakap Digital Aceh ini diharapkan peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa dapat menerapkan hasil seminar dan diskusi ini nantinya bisa bermamfaat bagi para peserta sendiri dan bisa menyebarkan ke masyarakat Gampong masing-masing, Sehingga Masyarakat kita bisa aman bermedia digital serta etis dalam bermedia digital.

"Diharapkan dengan adanya seminar seperti ini dengan menghadirkan pemateri pemateri yang memahami tentang digital bisa maka peserta nantinya terhindar dan tidak menyebarkan hoax, hate speech dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Fakhrullah Maulana yang lebih Akrab disapa bang Maul saat paparan materi mengatakan, Selalu berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di internet. Jangan sembarang klik link yang dibagikan oleh banyak orang yang menawarkan imbalan dan tawaran.

“Pastikan keamanan dari gawai dan media digital yang kamu punya termasuk media sosial dan aplikasi perpesanan dengan menggunakan password yang kuat dan pastikan mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication),” jelasnya.

Hal yang dipaparkan, Ikhwan Zuhdi Sekretaris RTIK Kabupaten Aceh Besar, Internet adalah anugerah, tetapi bisa menjadi bencana manakala teknologi “hanya bisa mengendalikan kita” manusia, tanpa jiwa-jiwa yang beretika. Etika hadir sebagai seorang bijak, yang mengingatkan kembali hakikat  teknologi sebagai anugerah bagi manusia.

"Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai  platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas, dan  menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan dalam menghadirkan diri, kemudian berinteraksi, berpartisipasi, bertransaksi, dan berkolaborasi dengan menggunakan media digital," tuturnya saat memaparkan materi Etis Bermedia Digital.(*)

Share: