USK Kirim 10 Mahasiswa KKN Kebangsaan tahun 2022 di Kalteng

Habadaily | Pendidikan - July 17, 2022 - 19:49
Mahasiswa USK foto bersama usai pelepasan KKN Kebangsaan ke-X di halaman Kantor Pusat Administrasi USK, Jumat 14 Juli 2022.

Universitas Syiah Kuala (USK) mengirimkan sebanyak 10 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2022. Delegasi USK tersebut, secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor (WR) III, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc di halaman Kantor Pusat Administrasi USK.

Ia menyampaikan, KKN Kebangsaan ke-X ini akan berlangsung di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dimana Universitas Palangka Raya (UPR) mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah. Mahasiswa USK diharapkan bisa berkontribusi positif di daerah tersebut.

"Saat kita mewakili sesuatu maka kita menjadi representasi dari USK dan Aceh. Karenanya kita harus menjadi yang terbaik, dengan demikian akan meninggalkan kesan yang baik," kata WR III, Sabtu 16 Juli 2022.

Prof Mustanir mengingatkan, agar mahasiswa USK bisa membawa diri dengan baik dan bisa beradaptasi dengan setiap elemen. Baik itu masyarakat Kalteng, maupun mahasiswa dari berbagai kampus. Untuk diketahui, pada KKN Kebangsaan ini, total 85 perguruan tinggi ikut ambil bagian.

"Khusus untuk yang laki-laki, delegasi USK harus siap jadi imam saat pelaksanaan salat. Lebih dari itu, mahasiswa USK harus menjadi peserta aktif, tidak pasif. Kesempatan berharga ini gunakan pula untuk membangun jejaring dengan mahasiswa dari berbagai kampus," pesan Prof Mustanir.

Sekretaris LPPM USK, Dr. Dra. Sulastri, M.Si menyampaikan bahwa USK untuk kesekian kali mengirimkan delegasinya di KKN Kebangsaan. Terkahir kali keikutsertaan USK pada KKN Kebangsaan di Jambi tahun 2021, sebelumnya sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19.

"Keunggulan KKN Kebangsaan ini mendapat kesempatan mempererat rasa cinta Tanah Air, dengan kehadiran perwakilan peserta KKN dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Selain bisa belajar kebudayaan antar peserta, juga terlibat langsung dalam kebudayaan daerah tempatan KKN," ujar Sulastri.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, 10 perwakilan USK berasal dari beberapa fakultas. USK melalui P3KKN sejatinya ingin berkontribusi lebih dengan mengirimkan banyak mahasiswa. Hanya saja, kuota yang disediakan cuma untuk 10 orang. Perwakilan ini, merupakan yang terbaik setelah melewati seleksi yang ketat. Mereka juga dibekali ketrampilan kesenian, salah satunya bisa menari.

"Kita berharap, tahun depan USK bisa menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan. Syaratnya mengusulkan proposal dengan mencantumkan potensi daerah yang bisa digarap. Seperti di Palangka Raya tahun ini, mengusung Food Estade (lumbung pangan)," tukasnya.

Share: