Yuk Ikutan Fun Bike Keliling Situs Sejarah di Banda Aceh

Habadaily | Sport - July 7, 2022 - 19:56
Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar fun bike bertajuk “Historical Heritage” pada Minggu, 24 Juli 2022.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar fun bike bertajuk “Historical Heritage” pada Minggu, 24 Juli 2022.

Event sepeda santai ini akan mengambil start dan finish di Museum Aceh, Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, menyebutkan untuk menggalakkan promosi wisata peninggalan sejarah, Disbudpar Aceh memilih olah raga sepeda santai untuk mempromosikannya. 

“Nantinya peserta akan bersepeda mengunjungi tempat-tempat situs peninggalan sejarah, antara lain Museum Aceh, Museum Tsunami, PLTD Apung, serta Masjid Raya Baiturrahman, yang semua itu sudah menjadi ikon Aceh,” sebut Almuniza, Rabu, 5 Juli 2022.

Almuniza menilai, event fun bike merupakan salah satu program unggulan yang bisa terus dikembangkan di Aceh, dan juga menjadi sarana rekreasi dan hiburan. 

“Melalui fun bike ini, kita ingin mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam mempromosikan situs-situs peninggalan budaya sejarah di Aceh, dengan tujuan melirik wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara datang ke Aceh,” sebut mantan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) tersebut.

Almuniza berharap, adanya agenda sepeda santai ini bisa menjadi tren wisata olahraga (sport tourism) yang bisa menjadi pilar penting dalam membangkitkan perekonomian di Aceh.

“Harapan kita, adanya kegiatan fun bike ini bisa menjadi tren sport tourism dan bisa terus berkembang di Aceh, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan atau pola hidup sehat," katanya.
 
Apalagi, lanjut Almuniza, potensi pariwisata Aceh terkenal dengan berbagai destinasi yang menawarkan keindahan dan panorama alam, kuliner, suku dan budaya, sehingga mampu menjadi daya tarik peserta lokal maupun wisatawan luar dari berbagai daerah untuk ikut serta kegiatan tersebut. 

Pendaftaran Gratis

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Teuku Hendra Faisal menambahkan, pendaftaran peserta Fun Bike 2022 mulai dibuka sejak 7 Juli sampai 20 Juli mendatang.

"Event ini tidak dipungut biaya alias gratis. Calon peserta bisa mendaftar lewat laman daring https://bit.ly/AcehFunbike22, selama kuota belum terpenuhi,” sebut Hendra.

Semua pendaftar, tambah Hendra, akan melalui  berbagai tahapan. Bagi peserta terpilih akan dihubungi oleh panitia untuk proses verifikasi lebih lanjut. 

“Khusus untuk 340 peserta pendaftar pertama, bakal mendapat jersey dan tumbler gratis. Jadi, mari daftar segera," pinta Hendra.

Kegiatan Fun Bike ini bakal dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, berbasis Clean, Health, Safety and Environment (CHSE).

"Dalam pelaksanaan Fun Bike 2022, panitia juga menyiapkan doorprize menarik bagi peserta yang lolos verifikasi, serta bagi peserta lainnya juga akan mendapatkan berbagai kudapan untuk penambah stamina," pungkasnya. []

Share: