Pemdes Alue Peuno Sosialisasikan Gampong Bebas Covid-19

Habadaily | Daerah - July 4, 2022 - 15:18
Sosialisasi adaptasi kebibasaan baru gampong bebas covid-19 di Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen.

Ratusan warga Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen, mengikuti sosialisasi adaptasi kebibasaan baru gampong bebas covid-19, Senin (4/7/2022). Acara yang dipusatkan di meunasah setempat itu menghadirkan pemateri dari Puskesmas Cot Ijue dan Forkopimcam Peusangan.

Keuchiek Alue Peuno Zulfa Amir mengatakan sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan warga agar tetap waspada dengan covid-19 meski pemerintah telah memperlonggar protokol kesehatan. “Sebagai gampong bebas covid, setiap warga tetap harus mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari,” katanya.

Dijelaskannya, kebiasaan baru yang harus dilakukan setiap warga adalah mematuhi peraturan pemerintah di masa new normal dengan menjalankan pola hidup sehat. “Inilah yang disosialisasikan kepada warga kami hari ini,” sebut Zulfa.

Dia berharap, meski covid-19 belum berakhir namun masyarakat biasa beraktivitas seperti sedia kala serta biasa lebih giat lagi berusaha dalam memenuhi kehidupan sehar-hari. “Masyarakat produktif dan aman adalah kebiasaan baru, di mana masyarakat memiliki kesadaran untuk hidup dengan cara yang lebih sehat, beraktivitas dan bekerja lebih produktif, serta terhindar dari penularan covid-19,” katanya.

Camat Peusangan Ibrahim menambahkan, masyarakat produktif dan aman merupakan bagian dari exit strategi yang diterapkan setiap negara dalam menghadapi pandemi, mengingat vaksin atau obat untuk covid-19 belum ditemukan. “Seluruh dunia, termasuk Indonesia, masih berupaya menemukan vaksin ini, sehingga belum ada kepastian sampai kapan pandemi berakhir, apakah tahun ini ataukah tahun depan,” sebutnya.

Di sisi lain, lanjut dia, dampak akibat pandemi dalam kehidupan masyarakat tetap tidak dibiarkan. “Karenanya, mau tidak mau, sekarang ini kita harus hidup dengan adaptasi kebiasaan baru, lebih sehat, disiplin menjaga protokol kesehatan agar bisa tetap produktif dan aman dari covid-19,” tandas Ibrahim.

Selain Camat Peusangan, sosialisasi adaptasi kebibasaan baru gampong bebas covid-19 yang digelar Pemerintah Gampong Alue Peuno itu ikut dihadiri Kepala TU Puskesmas Cot Ijue, Wakapolsek Peusangan, Ketua Apdesi Peusangan, Perwakilan Koramil Peusangan, dan undangan lainnya.[]

Share: