Gunakan SKYTEAM Garuda Indonesia, Jamaah Haji Kloter Pertama Aceh Terbang Ke Tanah Suci

Habadaily | Dunia - June 15, 2022 - 20:28
Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Selasa (14/6/2022), melepas keberangkatan jamaah haji embarkasi Aceh kloter pertama di Komplek Asrama Haji Banda Aceh

Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Selasa (14/6/2022), melepas keberangkatan jamaah haji embarkasi Aceh kloter pertama di Komplek Asrama Haji Banda Aceh. Kepada para jamaah haji Gubernur menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, dirinya mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya Calon Jamaah Haji Aceh tahun 1443 H/2022 M ke tanah suci.

Keberangkatan itu disebut patut disyukuri bersama, karena seperti yang diketahui, tahun sebelumnya pemberangkatan jamaah haji harus dibatalkan karena situasi Pandemi Covid-19.

Gubernur mengatakan, tahun ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi Calon Jamaah Haji (JCH) Indonesia. Untuk Aceh sendiri, JCH Aceh yang akan berangkat ditambah dengan petugas, seluruhnya berjumlah 2019 orang.

Gubernur juga mengatakan, pihaknya terus berharap agar kuota haji Aceh dapat ditambah, sehingga waiting list bisa menurun dari tahun ke tahun. Terkait itu gubernur mengatakan dibutuhkan koordinasi yang kuat dengan Pemerintah Arab Saudi untuk menambah Kuota Haji Indonesia.

Gubernur juga berpesan, agar para jamaah haji Aceh dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik- baiknya. “Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh Calon Jamaah Haji Aceh, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” pesan Gubernur.

Lebih lanjut gubernur juga menyampaikan sejumlah pesan kepada para jamaah haji yang akan segera diberangkatkan itu. Di antaranya, para jamaah haji asal Aceh diminta dapat memperluas ukhuwah Islamiyah dengan sesama jamaah. Dengan terjalinnya ukhuwah Islamiyah di antara jamaah diharapkan dapat menjadi penolong selama melaksanakan ibadah haji. “Sesama jamaah dalam rombongan adalah keluarga senasib dan sepenanggungan, maka sudah seharusnya kepentingan bersama lebih diutamakan,” pesan Gubernur.

Sebagai informasi, jamaah kloter I terdiri atas jamaah dari Banda Aceh 187 orang, Sabang 19 orang, Aceh Besar 70 orang, Pidie Jaya 54 orang, dan Aceh Utara 57 orang.

Sesuai jadwal, para jamaah haji kloter I Aceh akan diterbangkan malam ini pada pukul 00.25 WIB dengan pesawat SKYTEAM Garuda Indonesia. Para jamaah akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. []

Share: