Suarni Bunda Disabilitas Dari Aceh

May 17, 2022 - 19:56
Suarni yang merupakan seorang guru pendidik bagi anak berkebutuhan khusus, saat menceritakan pengalamannya dihadapan Sekda Aceh, Taqwallah, dalam serangkaian kegiatan zikir dan doa bersama ASN Pemerintah Aceh secara virtual di SLB Negeri Aceh Barat Daya, Selasa (17/5/2022).
1 dari 3 halaman

RENTANG waktu 25 tahun atau dua setengah dekade, bukanlah waktu yang pendek untuk sebuah pengabdian dan totalitas seorang Suarni bergelut dengan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus atau bocah penyandang disabilitas. Namun komitmen total itu pula yang membuat Suarni mampu melakoni perannya, hingga melahirkan murid beragam prestasi. Mulai dari penghafal Quran hingga atlet judo yang berlaga di level nasional.

“Mereka adalah anak-anak istimewa. Dengan bimbingan guru dan dukungan orang tua, mereka tetap bisa berprestasi. Mereka penyandang disabilitas, namun di balik kekurangan, mereka menyimpan potensi luar biasa,” kata Suarni, yang tak sanggup membendung air mata, berurai air mata, saat memberikan testimoni usai doa dan zikir pagi yang digelar rutin Pemerintah Aceh, Selasa 17 Mei 2022 yang diikuti secara zoom meeting ASN Pemerintah Aceh di seluruh Aceh.

Suarni adalah guru pendidik bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Aceh Barat Daya, tepatnya di Gampong Paoh Kecamatan Susoh, Abdya. Bagi sosok guru berdedikasi dan berprestasi Aceh tahun 2017 itu, mengajar anak-anak disabilitas adalah bagian dari pengabdian dan totalitasnya sebagai pendidik. “Muhammad Rizki Agustian siswa penyandang autis, dia memiliki kemampuan hafal Quran 16 juz dan memberikan keterharuan yang luar biasa bagi saya,” kata Suarni, merinci beberapa orang muridnya yang berprestasi.

Tidak lama kemudian, Rizki Agustian melafalkan ayat suci. Semua terdiam haru. Saat usai, para guru dan Sekda Aceh menyampaikan terima kasih.

Bukan hanya Rizki, ada beberapa siswa lain yang menjadi siswa mandiri usai mendapatkan bimbingan dari Suarni. Di antaranya pernah mendapat penghargaan juara satu merangkai bunga tingkat provinsi, juara 2 tata boga tingkat provinsi, dan juara 2 melukis tingkat provinsi Aceh. Prestasi itu membuat Suarni diganjar penghargaan dan diberangkatkan Umrah ke Tanah Suci Makkah pada tahun 2017 lalu.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.