Sulaiman Jabat Sebagai Geuchik Gla Meunasah Baro Aceh Besar

Habadaily | Daerah - May 15, 2022 - 01:31
Sulaiman, Keuchik terpilih Gampong Gla Meunasah Baro, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar resmi dilantik pada Jumat, (13/5/2022) malam. FOTO. Muna
HABADAILY.COM | 

Sulaiman, Keuchik terpilih Gampong Gla Meunasah Baro, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar resmi dilantik pada Jumat, (13/5/2022) malam. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Meunasah desa setempat. 

Hadir dalam acara pelantikan Forum Keuchik Krueng Barona Jaya, Kapolsek Krueng Barona Jaya, dan Danramil Kuta Baro, perangkat gampong dan warga setempat.

Kegiatan pelantikan Keuchik Gampong Gla Meunasah Baro dilakukan oleh Camat Krueng Barona Jaya, Muhammad Basir SSTP MSi. 

Sulaiman yang akrab disapa Bang Teh terpilih sebagai Keuchik GMB setelah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) unggul dari tiga kandidat lain. Dalam pilkades yang berlangsung dua bulan lalu, Bang Teh menang 243 suara dari saingan dekatnya, Anwar Thaib dengan 153 suara. Lalu kandidat lain, Salihin mendapat 86 suara dan Marwan 13 suara. 

Camat Krueng Barona Jaya Aceh Besar Muhammad Basir, dalam sambutannya mengingatkan para aparatur gampong untuk memperioritaskan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, KBJ, cukup terletak cukup strategis. "Boleh dikatakan, Krueng Barona Jaya itu, "metropolitan"nya Aceh Besar. Karena berbatasan langsung dengan Kota Banda Aceh, ibukota provinsi," sebut dia. 

Kepada Keuchik yang baru dilantik, mantan Sekretaris Bappeda Aceh Besar ini meminta untuk segera mempelajari aturan-aturan yang terkait dengan tata kelola pemerintahan gampong serta regulasi lain yang terkait. 

Muhammad Basir yang baru 10 hari dilantik sebagai Camat KBJ berjanji akan turun ke gampong-gampong di daerah kekuasaannya guna membenahi tata kelola pemerintahan dalam rangka membangun gampong. "Saya juga akan turun ke 12 gampong yang ada di KBJ untuk memantau kondisi serta potensi kawasan," ujar dia. 

Sebab, sambungnya, ia ingin semua kantor desa bisa difungsikan sebagaimana mestinya. "Karena itu, badan usaha milik gampong (BUMG) dan BUMDES harus dihidupkan untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi," ulas mantan Camat Simpang Tiga ini. 

Camat termuda di Aceh Besar itu mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat ukhuwah dalam membangun gampong serta mendukung program-program pembangunan gampong ke depan. 

Sementara, Keuchik Sulaiman dalam sambutan usai pelantikan menyampaikan terima kasih kepada imum meunasah dan Sekdes serta masyarakat yang sudah menyukseskan Pilkades 23 Maret lalu. 

Dia juga mengajak kandidat lainnya untuk mendukung dirinya dalam membangun GMB. "Semoga menjadi awal yang baik untuk mewujudkan langkah-langkah membangun ke depan. Mari kita kembali bersatu untuk Gampong Gla Mns Baro," tukas Bang Teh. []

Share: