LPG 3 Kg untuk Pulo Aceh dan Lhong Miliki HET Khusus, Hiswana Migas Aceh Merasa Lega

Habadaily | Ekbis - April 18, 2022 - 22:59
Ketua Umum Hiswana Migas Aceh Nahrawi Noerdin.
HABADAILY.COM | 

Bupati Aceh Besar menerbitkan Surat Keterangan (SK) yang mengatur penetapan Harga Enceran Tertinggi (HET) khusus elpiji 3kg untuk kawasan Pulo Aceh dan Lhoong, Aceh Besar.

SK bernomor 242 Tahun 2022 tersebut ditandatangani Bupati Aceh Besar Mawardi Ali pada 11 April 2022 dan mulai berlaku sejak ditetapkan. SK tersebut menetapkan bahwa HET elpiji 3 kg untuk Kecamatan Pulo Aceh adalah Rp26.000 per tabung, sedangkan untuk Kecamatan Lhong sebesar Rp20.000 per tabung. HET khusus ini lebih tinggi dari HET Provinsi yang ditetapkan Gubernur Aceh sebesar Rp18.000 per tabung.

Menanggapi SK Bupati Aceh Besar tersebut, Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Aceh Nahrawi Noerdin menyampaikan kelegaan dan rasa kegembiranya.

"Terbitnya ketetapan tersebut patut kita syukuri dan kami menyambut dengan gembira. Karena setelah sekian lama akhirnya masyarakat di Pulo Aceh dan Lhoong mendapatkan kepastian harga tebus elpiji 3kg. Ini tentu melegakan kita semua" ujar Nahrawi.

Sebelumnya, menurut Nahrawi, dua kecamatan di Kabupaten Aceh Besar tersebut memang membutuhkan HET khusus dalam tata niaga elpiji 3 kg karena letaknya yang berada di luar radius 60 Km dengan SPBE terdekat, dan khusus Pulo Aceh harus diangkut via kapal laut.

"Dua kecamatan di Aceh Besar ini, karena secara geografis berada di luar radius 60 Km dari SPPBE terdekat, memang membutuhkan HET khusus yang ditetapkan Bupati. Sedangkan HET untuk kecamatan lainnya di Aceh Besar tetap mengikuti HET provinsi yang ditetapkan gubernur sebesar Rp18.000 per tabung" papar Nahrawi.

HET ketetapan provinsi Rp18.000, namun manurut dia, ada pihak-pihak yang menjualnya hingga Rp35.000 per tabung. “Ini sangan memberatkan masyarakat, namun setelah dikeluarkan SK ini jika ada pangkalan yang menjual di atas ketetapan bupati maka berhak dicabut izinnya,” katanya.

Secara detail Nahrawi menyampaikan bahwa HET elpiji 3 kg yang berlaku untuk kecamatan lain di Aceh Besar, di luar Lhoong dan Pulo Aceh, adalah Rp18.000 sebagaimana SK Gubernur Aceh. “Hanya dua kabupaten yang merujuk HET berdasarkan SK Bupati Aceh Besar (Pulo Aceh dan Lhong), sementara 22 kecamatan lainnya di Aceh Besar tetap berlaku HET yang ditetapkan Gubernur Aceh,” tandasnya.[Jamal]

Share: