Ruslan M Daud Minta Menhub Percepat Pengesahan Master Plan Bandara Malikussaleh

Habadaily | Nasional - February 16, 2022 - 17:15
Anggota Komisi V DPR RI H Ruslan M Daud (HRD) .
HABADAILY.COM | 

Anggota Komisi V DPR RI H Ruslan M Daud (HRD) meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Ir Budi Karya Sumadi segera mengesahkan Rencana Induk (Master Plan) perluasan Bandara Malikussaleh Aceh Utara di tahun 2022.

Hal itu ditegaskan HRD dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kemenhub RI, Senin (14/2/2022) siang, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI Jakarta.

Rapat dengar pendapat tersebut beragendakan antara lain membahas evaluasi pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2021 dan pembahasan program kerja tahun 2022. Di kesempatan itu, HRD mengatakan bahwa aspirasi masyarakat Aceh terkait dengan Pengembangan Bandara Malikussaleh Lhokseumawe merupakan sebagai tindak lanjut Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI akhir Desember 2021 lalu.

Selain pengesahab Master Plan, Politisi PKB asal Bireuen Aceh ini juga meminta kepada Menteri Perhubungan RI untuk segera melakukan Penyusunan DED (Detailed Engineering Design) sisi udara yang meliputi run way, apron dan taxi way.

"Kami mohon dukungan Pak Dirjen supaya kedua aspirasi ini bisa terakomodir di tahun 2022, sehingga di tahun 2023 kita bisa fokus pembangunan fisik,” harap H Ruslan.

HRD mengatakan bahwa Perluasan Bandara Malikussaleh adalah keniscayaan mengingat  aktivitas penerbangan di Bandara Malikussaleh terus meningkat, sehingga membutuhkan infrastruktur yang memenuhi standar terutama landasan pacu untuk menampung pesawat berbadan besar.

“Landasan pacu atau run way Bandara Malikussaleh saat ini baru ada 1.850M2 x 30 M2, sehingga hanya bisa dilintasi pesawat berbadan kecil. Untuk itu, harus ditambah lagi landasan pacunya menjadi 2.250 M2 x 45 M2, agar bisa mendaratkan pesawat yang lebih besar,” jelas HRD di forum tersebut.

Selain sisi udara, HRD juga meminta untuk dipikirkan pengembangan sisi daratnya seperti pembangunan terminal baru, parkir, pagar dan sebagainya. “Saya dapat informasi bahwa DED untuk sisi darat sudah disusun tahun 2019. Dengan demikian, tinggal dianggarkan fisiknya saja. Semoga ada realisasinya di tahun 2022,” harap Bupati Bireuen periode 2012-2017 ini.[]

Share: