Ini Rangkaian Kegiatan CIMSA USK Memperingati World Aids Day 2021

Habadaily | Kesehatan - December 28, 2021 - 19:24
Tim Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA) USK.
HABADAILY.COM | 

Dalam rangka memperingati World AIDS Day, Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah kuala (FK USK) mengadakan kegiatan GAS (Get to Know HIV/AIDS With SCORA) 2021 yang terdiri atas Local Peer Educator’s Training (LPET) untuk meningkatkan pemahaman member dan panitia pelaksana.

Rangkaian kegiatan itu dilanjutkan dengan ground campaign meliputi tes pengetahuan dan wawancara serta HIV testing pada Minggu, 5 Desember 2021, yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh di Lapangan Blang Padang.

Dalam kegiatan ini, SCORA CIMSA FK USK memberikan beberapa pertanyaan dan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak melakukan diskriminasi terhadap ODHA/ODHIV, sekaligus mengajak masyarakat untuk semakin berwaspada dan peduli dengan penyakit HIV/AIDS. Selain itu, juga disediakan stand untuk melakukan HIV testing bagi pengunjung Lapangan Blang Padang.

Acara puncak World AIDS Day 2021 dengan tema GAS: Get to Know HIV/AIDS with SCORA diadakan pada tanggal 22 Desember 2021 dalam bentuk webinar dengan mengangkat tema “HIV & AIDS Epidemics: Why the 95-95-95 Target, ART Effectiveness, and Society Matter”.

Webinar ini menghadirkan dr Suheir Muzakkir SpPD (Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh) dan Rian Wulandari sebagai Advocate4health Jaringan Indonesia Positif dari komunitas sayaberani_id (sebuah komunitas yang berfokus di bidang HIV/AIDS).

Webinar dimulai pada pukul 09.45 WIB ini dipandu oleh Adinda Zahra Ayufi Ramadhani (PETRA CIMSA FK USK 2021) sebagai moderator.. Di sini, pemateri membahas mengenai dasar-dasar HIV/AIDS dan peranan terapi ART dalam mengobati HIV/AIDS.

Selain itu, pemateri juga membahas urgensi pengadaan penyuluhan bagi masyarakat mengenai pentingnya pengobatan HIV, dan menghindari penyalahgunaan obat maupun ketidaksesuaian regimen obat. Tak lupa, pemateri juga menyinggung tentang keterkaitan dinamika sosial yang berhubungan dengan HIV/AIDS.

Tujuan utama kegiatan ini adalah mendukung program pemerintah “3 Zero” dengan “Suluh Skrining, Temukan, Obati, dan Pertahankan” melalui peningkatan kesadaran mahasiswa dan masyarakat umum terkait HIV & AIDS serta bagaimana cara berinteraksi dan berperilaku positif di lingkungan sosial dalam rangka menghapus stigma negatif dan diskriminasi kepada ODHA/ODHIV.

Dengan dilaksanakannya Get to Know HIV & AIDS With SCORA (GAS), SCORA CIMSA FK USK berharap dapat meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa dan masyarakat terhadap penyintas HIV & AIDS, terutama dalam pelayanan kesehatan maupun kebijakan lain yang dapat lebih optimal ke depannya.

Project Officer Kegiatan, M Nazil Subhan mengatakan cara efektif untuk mengurangi angka HIV/AIDS adalah melalui pencegahan, dan satu-satunya pencegahan adalah dengan edukasi. Sekarang, penggunaan antiretroviral (ARV) dapat menjadi terapi utama untuk menekan jumlah virus HIV dan meningkatkan status hidup. Tapi, concern kita saat ini, hanya 51{45f660e47c21d91d34a68b2c6b8260690adfd25d72f062ba28fc1453783a19b7} orang dengan HIV yang mau melakukan tes. Karena itu, kita harus semakin waspada dengan HIV/AIDS,” tambah Nazil.

“Mari perkuat dukungan, lemahkan penyebaran penyakitnya,” tutupnya.[]

Share: