Mahasiswi USK Juarai Kompetisi Internasional se-ASEAN

Habadaily | Pendidikan - December 8, 2021 - 21:09
Kampus Teknologi Mara University (UiTM) Malaysia.

Cindy Dwi Pertiwi, mahasiswa kelas program internasional IBEP FEB USK berhasil meraih juara 1 pada kompetisi Internasional bernama Business Model Canvas (BMC), Selasa (7 Dsember 2021).

BMC diselenggarakan oleh Teknologi Mara University (UiTM) Malaysia sebagai bagian dari program IMT-GT UNINET Asean 2021. Tim Cindy terpilih menjadi best group atau pemenang over all BMC tingkat Asean, IMT GT UNINET 2021 dengan mengusung topik model bisnis “modern batik”.

Kegiatan ini diikuti sekitar 71 mahasiswa dari berbagai universitas dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand. Dalam kompetisi ini, mahasiswa dibagi menjadi 6 tim untuk membuat BMC dan mempresentasikannya. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi; sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 08 November 2021 untuk webinar internasional tentang BMC dan sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 07 Desember 2021 untuk kompetisi terseleksi presentasi BMC dari 6 grup.

Cyndi merupakan leader di dalam tim yang beranggotakan 8 orang mahasiswa asal Thaksin University dan University Malaysia Kelantan. Cyndi mengatakan, dalam mereka melakukan persiapan dengan serius terkait model BMC yang akan mereka presentasikan. Presentasi dilakukan oleh Cindy dan Pound asal Thaksin University.

Di akhir acara setelah semua grup memberikan presentasi terbaik, tiga juri yang berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Thailand memberikan penialain kepada setiap tim. Tim Cindy terpilih menjadi pemenang karena meraih nilai tertinggi dalam sejumlah indikator yang menjadi penialain, termasuk ide model bisnis yang diusung dan presentasi tim.

Mahasiswa angkatan 2018 ini merasa sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Ia mengatakan, keberhasilan yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan civitas akademika USK, khsusunya dari IBEP FEB USK dalam program outcome based education terhadap  program unggulan kelas internasional IBEP FEB USK.

“Sebagai salah satu mahasiswa internasional USK, saya bangga bisa menorehkan prestasi setingkat internasional. Insyaallah, saya akan terus mengasah kemampuan saya agar bisa kembali memberikan kebanggaan kepada kampus ini,” kata Cyndi.

Ketua IBEP-FEB USK Talbani Farlian SE MA mengatakan Cindy dan timnya juga pernah mengikuti Lomba Business Plan Nasional yang di ikuti oleh berbagai kampus di Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen USK pada tahun 2020. Mereka berhasil meraih Juara 1 pada lomba tersebut.

Talbani juga menambahkan, prestasi juara 1 BMC tingkat  Asean IMT GT 2021 yang diterima oleh Cindy ini merupakan prestasi IBEP USK “Headtrick” ke tiga kali selama tahun 2021 ini.

Kiprah IBEP FEB USK telah membuktikan ultimate achievement kelas dunia yang sebelumnya juga pernah diraih oleh mahasiswa IBEP. Diantaranya adalah raihan juara 2 di World youth inovation and invention (WYII) oleh Muhamamd Zaki Mubarak yang mengungguli 32 lainnya di dunia, dan Widya Pratiwi Jarus yang baru-baru ini meraih Best Delegation dari 120 negara partisipan Change the World Model United Nation (CWMUN) tanggal 11-17 November 2021 di Dubai, Uni Emirate Arab.[]

Share: