Ini Profil Lengkap Nova Eliza yang Jarang Diekspos Media

Habadaily | Entertainment - November 11, 2021 - 19:25
Nova Eliza semasa tenar-tenarnya.
HABADAILY.COM | 

Artis papan atas nasional asal Aceh, Nova Eliza, bukanlah nama baru di panggung hiburan Tanah Air. Sosoknya telah malang-melintang dengan berbagai karya yang sudah lahir sejak tahun 90-an.

Ibu satu anak ini memulai kariernya di industri hiburan dengan menjadi seorang model dan kemudian memutuskan untuk beralih menjadi seorang pemain sinetron. Debut sinetron Nova Eliza berjudul Karmila dengan memerankan sebuah karakter bernama Fani yang tayang sekitar tahun 1997 sampai 1998.

Kariernya semakin menanjak usai bermain peran dalam sinetron yang berjudul Julia Jadi Anak Gedongan. Dalam Sinetron yang tayang tahun 2002 ini, ia memerankan karakter Julia dan beradu akting dengan Thomas Djorgi.

Selain itu, saat ini, Nova Eliza tengah menjadi host dalam kanal YouTube VDVC Seleb dalam program Di Sudut Ruang. Episode pertamanya adalah sebuah obrolan dengan artis kontroverial, Vicky Prasetyo.

Lantas, Siapa Sosok Nova Eliza?

Nova Eliza memulai kariernya dengan terjun ke dalam dunia model ketika berumur 18 tahun. Perempuan yang akrab disapa Nova ini kemudian mencoba peruntungannya dengan menjajal dunia seni peran.

Beberapa sinetron yang dibintangi olehnya, berhasil membawa nama Nova semakin melambung. Seperti yang disebutkan di atas, debutnya dalam dunia sinteron adalah tahun 1997 dalam sinetron yang berjudul Karmila.

Kemudian, kariernya semakin melambung sampai membintangi berbagai judul sinetron seperti Doaku Harapanku, Waktu Terus Berjalan, Boneka Poppy, Julia Jadi Anak Gedongan, Kecupan Kangen, Jalan Jaksa, Sulaiman, Dahlia Kembang Pengkolan, Legenda episode Nyai Dasima, Hikayah, Si Cemong, sampai Diam Diam Suka.

Secara keseluruhan, lebih dari 20 judul sinetron yang sudah dibintangi oleh Nova Eliza. Bukan hanya menjajal dunia sinetron, Nova juga pernah membintangi beberapa judul FTV yaitu Stella dan Anneke, dan Sawah Leluhur.

Berkat perannya dalam FTV tersebut, ia sukses memboyong Piala Vidia sebagai Pemeran Utama Wanita FTV Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2013.

Menariknya lagi, Nova Eliza pun juga melebarkan sayapnya dengan menjadi pemain dalam film layar lebar. Beberapa judul film yang pernah dimainkan oleh Nova adalah Rindu Kami PadaMu, Susahnya Jadi Perawan, Golden Goal, Bajaj Bajuri The Movie, Aach…Aku Jatuh Cinta, Aku Ingin Ibu Pulang, sampai Kartini.

Karena aktingnya yang begitu keren, Nova Eliza sukses membawa pulang piala pada Festival Film Bandung 2016 dalam kategori Pemeran Pendamping Wanita Terpuji berkat perannya menjadi Ibunda Rumi dalam film Aach…Aku Jatuh Cinta.

Kehidupan Pribadi

Perjalanan kisah cinta Nova yang begitu panjang akhirnya harus berakhir pada tanggal 10 September 2007 di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Di tanggal tersebut, Nova resmi diperistri oleh sutradara dari film Susahnya Jadi Perawan, Mirwan Suwarno.

Ini merupakan pernikahan pertama untuk Nova, tapi pernikahan kedua bagi Mirwan. Diketahui Mirwan mempunyai dua orang anak dari pernikahan sebelumnya.

Sebelum menjalin kasih dengan sang sutradara tersebut, Nova juga pernah menjalin hubungan dengan beberapa artis yaitu Eno Gitara Ryanto (drummer Netral), DJ Riri, Shandy Syarief, Surya Saputra, Dimas Seto, dan terakhir pernah digosipkan menjalin hubungan asmara dengan mantan pacar Donna Agnesia, Okan Cornelius.

Bahkan, ia pernah diisukan terlibat perseteruan dengan Nana Mirdad karena memperebutkan, Andrew White, yang menjadi suami Nana saat ini.

Tanggal 26 Desember 2008, sekitar setahun setelah pernikahannya, Nova Eliza dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik, ia bernama Naima Malinka Suwarsono.

Tapi sayang, sesudah enam tahun menjalani biduk rumah tangga, ibu satu anak ini melayangkan gugatan cerai tanggal 5 Januari 2012 lewat pengacaranya.

Memiliki Sebuah Yayasan

Jarang nongol di di layar kaca, ternyata Nova Eliza menjadi seorang aktivis. Nova mengelola sebuah Yayasan yang kemudian diberi nama Yayasan Suara Hati Perempuan. Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 2015 silam.

Pembangunan Yayasan ini diinisiasi oleh keprihatinannya terhadap perempuan, dan ia berharap supaya Yayasan ini membantu untuk memberdayakan perempuan dan juga mengajak supaya menghentikan kekerasan terhadap seorang perempuan.

Ia sering datang ke daerah-daerah guna memberikan edukasi terkait kekerasan terhadap perempuan lantaran banyak kasus KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga yang kerap terjadi di Indonesia.

Perempuan cantik berkulit sawo matang ini juga sering mengadakan kampanye peduli kepada perempuan dan kemudian didukung oleh banyak tokoh penting serta artis-artis tanah air. Sebut saja Rima Melati, Nadine Chandrawinata, Najwa Shihab, dan Dewi Sandra, Sandra Dewi, Rina Nose, Titi Kamal, Sarah Sechan, Olla Ramlan, Indy Barens, Cut Keke, Atiqah Hasiholan, dan sebagainya.

Profil Lengkap

Nama Lengkap: Nova Eliza

Nama Panggung: Nova Eliza

Nama Panggilan: Nova

Tempat, Tanggal Lahir: Sigli, Aceh, 4 Juni 1980 Usia: 41 tahun

Kewarganegaraan: Indonesia

Pendidikan: Universitas Trisakti

Agama: Islam

Nama Ayah: Nurdin AR (Mantan Bupati Pidie)

Nama Ibu: Cut Rosminar

Mantan Pacar: Surya Saputra, Dimas Seto, Okan Cornelius

Mantan Suami: Mirwan Suwarso (2007-2012)

Profesi: Aktris, Model, Aktivis

Hobi: Travelling

Instagram: @novaelizaworld

 

Sinematografi

Rindu Kami Padamu (2004)

Susahnya Jadi Perawan (2008)

Golden Goal (2011)

Bajaj Bajuri The Movie (2014)

Aach…Aku Jatuh Cinta (2015)

Aku Ingin Ibu Pulang (2016)

Kartini (2017)

Ananta (2018)

Jaran Goyang Kafir: Bersekutu dengan Setan Silam Lorong (2019)

Lampor: Keranda Terbang Sinetron Karmila (1998)

Doaku Harapanku (1998)

Boneka Poppy (2000)

Hati yang Terpilih (2000)

Kalau Cinta Jangan Marah (2001)

Waktu Terus Berjalan (2001)

Julia Jadi Anak Gedongan (2003)

Kecupan Kangen (2004)

Bule Masuk Kampung (2004)

Jamilah Binti Selangit Jalan Jaksa (2005)

Sulaiman Dahlia Kembang Pengkolan Legenda episode Nyai Dasima Hikayah Jangan Ambil Anakku (2010)

Si Cemong Diam Diam Suka Maha Cinta (2018)

Cahaya Terindah (2019)

Fatih di Kampung Jawara 4 Emak Gue Jagoan 3 (2021)

Penghargaan

Festival Film Bandung sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji tahun 2016.[]

Sumber: Viva.Co.Id

Klik Beria Aslinya

Share: