Kisah Ilham Saputra, Alumnus SMK yang Kini Ketua KPU

October 28, 2021 - 13:58
Ketua Pusat KPU Ilham Saputra.
1 dari 3 halaman

Ada banyak lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) inspiratif di Indonesia. Salah satunya adalah Ilham Saputra yang memimpin lembaga penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI .

Tak disangka, rupanya ia dulu adalah lulusan jurusan otomotif STM Negeri 1 Jakarta. "Ketika itu belum ada SMK waktu zaman saya dulu. Saya lulusan tahun '94," kata Ilham dalam webinar virtual bertajuk 'Meraih Mimpi Bersama SMK' pada Kamis (28/10/2021).

Ilham mengisahkan saat itu bentuk sekolah vokasi masih berupa STM, SMEA, dan beberapa kejuruan lain. Pria yang lahir di Jakarta, 21 Mei 1976 ini masuk STM karena orang tua menghendakinya untuk bekerja setelah lulus.

Dirinya menjelaskan pada waktu itu STM mendapat stigma sebagai sekolah kelas dua. "Warga kelas dua ketika itu ya. Ada stigma seperti itu yang kami rasakan. Bahwa anak STM ini kok, kesannya badung, tidak punya masa depan, dan lain sebagainya," ujar mantan Komisioner KIP Aceh ini.

Dia mengambil jurusan otomotif karena pada waktu itu sistem seleksi masih menggunakan nilai Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional) murni. Otomotif merupakan salah satu jurusan yang bobot nilainya paling tinggi di STM Negeri 1 Jakarta.

Faktor ini didukung dengan tujuannya agar bisa langsung bekerja dan prospek karier otomotif yang cukup bagus.

Ilham mengaku memang mendapat hambatan demikian pada saat awal masuk STM, apalagi sekolahnya saat SMP tergolong cukup favorit kala itu di SMP 49 Jakarta Timur.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.