FK-USK Kembali Lahirkan 30 Dokter Spesialis

Habadaily | Pendidikan - October 28, 2021 - 19:14
Prosesi pelantikan dokter spesialis jebolan FK USK.
HABADAILY.COM | 

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala kembali melantik 30 dokter spesialis baru. Kegiatan secara daring dan luring tersebut dilaksanakan dari Aula Fakultas Kedokteran USK, Kamis (28 Oktober 2021).

Dari 30 dokter spesialis baru tersebut, lulusan terbanyak berasal dari program studi Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan sebanyak 10 orang. Lalu Ilmu Penyakit Dalam 7 orang, Neurologi dan THT-KL masing-masing 5 orang. Selanjutnya, Ilmu Bedah 2 orang dan Anestesiologi dan reanimasi yang merupakan lulusan perdana sebanyak 1 orang.

Dekan FK USK Prof Dr Maimun Syukri SpPD (K) dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 30 dokter spesialis yang baru dilantik tersebut. Keberhasilan mereka untuk sampai pada pencapaian ini, ungkap Prof Maimun, merupakan sebuah kebanggaan bagi FK dan keluarga.

Untuk itulah, Prof Maimun berpesan agar mereka selalu menjaga nama baik keluarga dan almameternya selama menjalankan profesinya di masyarakat. “Jagalah nama baik keluarga dan Universitas Syiah Kuala ini dengan bekerja penuh integritas. Niatkan merawat pasien itu sebagai bentuk ibadah, sehingga keilmuan yang kita miliki memberi manfaat yang luas bagi masyarakat,” ucapnya.

Prof Maimun mengungkapkan, saat ini FK USK telah berkembang dengan sangat baik. Hal ini ditandai dengan keberhasilan prodi pendidikan dokter USK yang meraih akreditasi unggul. Fakultas ini juga berhak mengambil kuota maksimal penerimaan mahasiswa baru.  Sebab semua persyaratan untuk mengambil kuota maksimal tersebut telah terpenuhi.

“Dalam waktu dekat kita juga akan membuka beberapa prodi baru PPDS. Semua ini adalah wahana pembelajaran yang kita siapkan, untuk menyambut mahasiswa baru,” ucapnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor IV Prof Dr Hizir juga turut menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan 30 dokter spesialis baru ini. Menurut Prof Hizir, pelantikan dokter spesialis hari ini terasa istimewa karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Sejarah telah mencatat, kehadiran pemuda telah banyak memberikan kontribus penting bagi pembangunan bangsa ini.

Karena itulah, Prof Hizir berharap kehadiran 30  dokter spesialis baru ini mampu menjawab kebutuhan dokter spesialis saat ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat.

“Inilah saatnya membuktikan kompetensi dengan karya nyata. Profesi dokter spesialis yang notabene nya adalah cendekiawan, harus mampu turut menyelesaikan persoalan bangsa khsusunya di bidang kesehatan,” ucapnya.

Di hari yang sama FK juga melakukan pengambilan sumpah 83 lulusan program profesi dokter. Dalam kegiatan tersebut, Prof Maimun mengungkapkan, dua mahasiswa FK USK berhasil meraih nilai tertinggi secara nasional pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). 

Kedua mahasiswa tersebut adalah Almira Noreen peringkat 1 nasional dengan nilai 90. Lalu Nurul Maghfirah peringkat 3 nasional dengan nilai 89.

Prof Maimun mengatakan, keberhasilan mereka merupakan sebuah kebanggaan bagi USK. Sebab hal ini secara tidak langsung menjelaskan, kualitas pendidikan di FK USK telah berkembang dengan baik sehingga dapat bersaing dengan fakultas kedokteran lainnya di level nasional.

Sebelumnya, prestasi yang sama juga pernah diraih mahasiswa FK USK pada tahun 2016. Untuk itulah, prestasi keduanya pada tahun ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa FK USK lainnya untuk lebih tekun belajar, sehingga mampu meraih prestasi yang sama pada ujian kompetensi ini di tahun selanjutnya.[]

Share: