Berikut Jenis Senjata yang Dipamerkan Museum Aceh Secara Virtual

October 13, 2021 - 11:12
Ini jenis-jenis senjata yang dipamerkan pada Pameran Senjata 2021 yang digelar Museum Aceh secara virtual
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui UPTD Museum Aceh mengelar Pameran Senjata 2021 untuk pertama kalinya secara virtual pada 16 Oktober 2021. Pameran ini menampilkan 176 jenis senjata yang merupakan koleksi Museum Aceh.

Berikut Link nya: KLIK DISINI Disbudpar Aceh

Adapun Jenis Senjatanya antara lain:

Keris 
Keris termasuk senjata tikam golongan belati yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya, karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok dan banyak diantaranya memiliki pamor yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah.

Rencong
Rencong merupakan  senjata yang sangat populer di kalangan masyarakat Aceh. Pada awalnya senjata ini masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Dalam perkembangan selanjutnya secara evolusi rencong mencapai kesempurnaannya seperti dalam bentuknya yang sekarang. Penggunaan rencong sebagai senjata perang mulai dipakai pertama kalinya untuk melawan Portugis pada masa Sultan Ali Mughayat Syah memerintah Kerajaan Aceh pada tahun 1514 – 1528. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.