Dewan Pers Verifikasi Faktual Empat Media JMSI Aceh

Habadaily | Nasional - September 29, 2021 - 21:50
Penyerahan berkas Habadaily.Com kepada Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers.
HABADAILY.COM | 

HABADAILY.COM—Dewan Pers memverifikasi faktual terhadap empat media yang bernaung di bawah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh. Proses penilaian secara fakta terhadap perusahaan pers tersebut berlangsung selama dua hari, 28-29 September 2021.

Empat media JMSI yang diverifikasi faktual tersebut adalah acehvideo.tv, analisaaceh.com, acehporta.com, dan terakhir habadaily.com.

Pelaksananya verifikasi dipimpin anggota Dewan Pers Ahmad Djauhar dan didampingi tim dari sekretariat lembaga tersebut.

Ketua JMSI Aceh Hendro Saky menjelaskan, kegiatan verifikasi faktual dilakukan Dewan Pers guna memastikan proses input data yang dilakukan perusahaan pers adalah benar dan bukan rekayasa. “Proses verifikasi faktual dilakukan setelah perusahaan pers memenuhi persyaratan dengan status telah terverifikasi administrasi,” ujar pemilik media popularitas.com ini.

Dari 22 anggota JMSI Aceh, sambung Hendro, sejauh ini sudah 6 media yang dinyatakan terverifikasi faktual oleh Dewan Pers. “Jika nantinya empat perusahaan media yang baru saja dilakukan faktual memenuhi ketentuan yang ada, maka total 10 anggota telah difaktual oleh institusi tersebut,” ungkapnya.

Hendro menegaskan, pihaknya akan terus mendorong anggota JMSI Aceh lainnya untuk melakukan pembenahan perusahaan secara profesional, dan segera mendaftarkan diri untuk diverifikasi oleh Dewan Pers. Sebab, lanjut dia, JMSI memiliki mandat mendorong kehidupan pers yang sehat dan profesional. “Tentunya upaya itu harus diawali dari adanya perusahaan pers yang sehat pula,” sebutnya.

Sekretaris JMSI Aceh Akhiruddin Mahjuddin menambahkan, membangun ekosistem pers yang sehat sangat penting didorong. Karenanya, perusahaan pers sebagai entitas bisnis sudah seharusnya terdaftar di Dewan Pers dan dilakukan verifikasi faktual.

“Ketika media dikelola dengan profesional, maka akan menghasilkan produk jurnalistik yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik,” terang pemilik AJNN.net ini.

Akhiruddin menargetkan, paling lama akhir tahun 2022, seluruh anggota JMSI Aceh sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers.[]

Share: