Ade Elfikar Nelayan asal Aceh Terapung di Laut Diselamatkan Bakamla Thailand

Habadaily | Dunia - June 19, 2021 - 00:23
Ilustrasi: Ade Elfikar Nelayan asal Aceh Terapung di Laut Diselamatkan Bakamla Thailand

HABADAILY.COM | Seorang nelayan asal Sabang diselamatkan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Thailand. Nelayan tersebut sebelumnya terombang ambing di perairan laut Pulau Racha Noi, Thailand selama 8 hari.

Sekjend Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek mengatakan, saat ditemukan nelayan yang bernama Ade Elfikar (40) tersebut ditemukan dalam keadaan shock, karena boat tradisional miliknya terbawa arus hingga ke Thailand.

"Badan keamanan laut (Bakamla) Thailand sudah memberikan pertolongan dan membawa nelayan yang diduga survivor dan terbawa arus memasuki perairan Thailand. Nelayan dalam keadaan shock dan memerlukan perawatan segera," kata Miftach dalam keterangannya, Jumat (18/6/2021).

Sebelumnya menurut Miftah, Ade meninggalkan Sabang pada Minggu (6/6) untuk melaut menangkap ikan. Pelayaran ini hal yang rutin para nelayan tradisional di Sabang lakukan.

Tak lama berlayar ke arah utara Sabang, nelayan tersebut terkena angin kencang yang mengarah ke perairan Thailand. Menyebabkan kerusakan mesin dan piston kapal pecah.

"Jadi delapan hari terombang-ambing di laut sehingga kapal itu tiba di sekitar pulau Rachna Noi, sekitar 25.6 NM selatan pulau Phuket Thailand," sebutnya.

Miftach menyampaikan, pihaknya terus mengadvokasi pemulangan nelayan tersebut melalui Pemerintah Aceh hingga nantinya disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

"Kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh melalui DKP Aceh dan dengan PSDKP Banda Aceh hingga diteruskan pada KKP dan ke KBRI," kata Miftach.

Menurut Miftah, proses pemulangan tidak bisa dilakukan cepat karena masih banyak kelengkapan administrasi yang harus disiapkan, mulai dari visa dan berbagai persyaratan lainnya.

Share: