Illiza Desak Kemenparekraf Prioritaskan Pariwisata Aceh

Habadaily | Wisata - November 15, 2019 - 03:21
Illiza Sa'aduddin Djamal saat menghadiri Aceh Sumatera Expo 2019 di Mall Kota Kasablanca Jakarta, Kamis (14/11/2019).
HABADAILY.COM | 

HABADAILY.COMAnggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Illiza Sa'aduddin Djamal mendesak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memprioritaskan kemajuan sektor pariwisata Aceh.

Illiza menyebutkan, Aceh adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mendapat label destinasi wisata halal. Aceh juga memiliki banyak kelebihan dari sektor wisata, di mana Aceh memiliki sejumlah wahana wisata yang luar biasa, seperti Sabang, Simeulue, Aceh Besar dan lainnya,” kata Iliiza saat dijumpain di Aceh Sumatera Expo 2019 di Mall Kota Kasablanca Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Dengan label wisata halalnya, lanjut dia, Aceh juga harus memiliki sertifikat halal di setiap produk makanan dan jasa. Mulai makanan dan minuman, hotel, restoran, harus benar benar bersertifikat halal,katanya.

Sebagai anggota DPR RI di Komisi X, lanjut Illiza, dirinya fokus memperjuangkan kemajuan industri pariwisata Aceh. Sejak awal  rapat kerja, saya sudah menyampaikan kepada Kemetrian Pariwisata, bahwa Aceh harus mendapatkan prioritas dalam peningkatan ekonomi di bidang pariwisata,” katanya.

Terlebih, kata dia, Aceh memiliki banyak potensi wisata yang luar biasa. “Banyak situs peninggalan kolonial, peninggalan konflik Aceh yang cukup panjang juga bisa dijadikan sesuatu yang menarik untuk dikemas, dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Aceh," sebutnya.

Karena itu, lanjut mantan Walikota Banda Aceh ini, pemerintah harus mempersiapkan infrastruktur yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan luar ke Aceh. "Pemerintah dan masyarakat harus peduli dengan ini, sehingga sektor pariwisata Aceh lebih maju dan berkembang di masa-masa mendatang,” katanya.

Menurut Illiza, berbagai even kepariwisataan yang dilaksanakan belakangan ini sudah menunjukkan komitmen kuat dari Pemerintah Aceh dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Aceh Sumatera Expo 2019 juga salah satu even yang bagus, di mana even ini sebagai perwujudan kontribusi Aceh untuk Sumutera dan Aceh untuk Indonesia,” tandasnya.[]

Share: