Produk Inovasi Karya Mahasiswa Unsyiah Dipamerkan di Bali

Habadaily | Techno - August 26, 2019 - 20:45
Stand Unsyiah pada Pameran Riset, Inovasi, dan Teknologi Ritech Expo 2019 di Bali.
HABADAILY.COM | 

HABADAILY.COM—Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) memamerkan beragam hasil karya inovasi di Pameran Riset, Inovasi, dan Teknologi Ritech Expo 2019 yang berlangsung di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, 25-28 Agustus 2019. Kegiatan ini untuk memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-24 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsyiah Dr Taufik Fuadi Abidin MTech mengatakan produk inovasi yang dipamerkan ini merupakan hasil karya unggulan dari mahasiswa dan dosen Unsyiah. “Produk-produk ini juga hasil inovasi dari pusat riset Unsyiah, seperti Atsiri Research Center, Pusat Riset Padi Aceh, Laboratorium Desain Manufactur, dan Pusat Riset Tsunami Mitigasi Bencana (TDMRC),” ungkapnya.

Ia menyebutkan, beberapa produk yang dipamerkan, seperti produk olahan minyak nilam, padi smart, papan dari serat abaca, sepeda berbahan komposit, hingga rumah tahan gempa.

“Kita memamerkan pusat riset dan produk inovasinya sekaligus, sehingga menjadi ajang promosi Unsyiah di bidang penelitian,” ujar Taufik seperti yang disampaikan kembali oleh Kepala Humas Unsyiah Chairil Munawir, Senin (26/8).

Ketua Pusat Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi Unsyiah Dr Ir M Dirhamsyah MT mengatakan saat ini Unsyiah telah memulai mengenalkan konsep pasar untuk produk inovasinya. Konsep ini mengandalkan daya tarik yang bernilai lebih, sehingga bukan hanya mampu bersaing di pasar lokal, tetapi juga internasional.

“Mengikuti expo di Bali ini salah satu cara kita memperkenalkan produk inovasi Unsyiah, sekaligus melihat selera pasar. Terlebih lagi Bali adalah destinasi wisata internasional. Ada banyak orang berkumpul di sini,” jelas Dirham.

Dalam expo ini, lanjutnya, Unsyiah membawa beragam produk dengan spesifikasi tersendiri dengan mengutamakan kenyamanan, ketahanan pangan, dan inovasi infrastruktur. Dengan kombinasi lengkap ini, diharapkan produk-produk ini memiliki pangsa pasar yang bagus. Terlebih lagi, ke depannya Unsyiah akan terus meningkatkan kualitas produk dengan penggarapan yang lebih kreatif serta terverifikasi oleh pihak terkait.

Kegiatan Ritech Expo 2019 diikuti oleh instansi dari seluruh Indonesia, seperti dari kementerian, perguruan tinggi, BUMN, pelaku industri, hingga pemerintah daerah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menristekdikti Mohammad Nasir, pada Minggu (25/8).[]

Share: