Debat Cagub Aceh Jilid II

Tarmizi Karim Tak Berpatok pada APBA Majukan Petani Aceh

Redaksi | habadaily.com | 12 Januari 2017, 11:22 WIB
Tarmizi Karim Tak Berpatok pada APBA Majukan Petani Aceh Suasana debat kandidat jilid 11 | dok habadaily.com

HABADAILY.COM - Keinginan Calon Gubernur (Cagub) Aceh, Tarmizi Karim untuk memajukan pertanian di Aceh cukup tinggi. Dalam debat kandidat jilid 11, Rabu (11/01/2017) malam, pasangan nomor urut 1 tersebut memaparkan program-program haldalnya agar petani akan menjadi bangga bekerja sebagai seorang petani.

Selain memetakan lahan pertanian yang sudah ada di seantro Aceh saat ini, Tarmizi Karim -Machsalmina Ali juga akan membuka lahan-lahan baru tanpa harus merusak hutan Aceh. Ia juga akan menggratiskan berbagai jenis pupuk untuk para petani.Dan, Tarmizi mengatakan, itu akan ia jalankan lewat anggaran di luar APBA. 

"Melihat lahan pertanian di Aceh yang cukup strategis ini, kita sangat menyayangkan kalau kemudian sektor ini tidak ditingkatkan. Dengan pengairan persawahan yang bagus, sistem pertanian yang modren, kami yakin hasil pertanian akan sangat bagus. Maka, untuk memajukan pertanian, kita jangan berpatok pada APBA yang ada, tapi bagaimana kita bisa membawa uang ke Aceh dari luar APBA," tegasnya. 

Melalui debat kandidat tersebut, Tarmizi Karim yang diberi gelar oleh pendukunya sebagai "Sang Pencerah" menyampaikan program-program dengan penyampaian lugas dan tegas yang dapat dipahami oleh pemirsa televisi dan para hadirin yang berhadir di arena debat.

Tarmizi juga sempat menyindir soal perencaan anggaran Aceh. Menurutnya, setiap tahun keuangan terbilang tinggi, namun karena perencanaan keuangan yang belum mantap, sehingga alokasi anggaran banyak tidak tepat sasaran. 

Dan, Tarmizi mengatakan, apabila masyarakat Aceh memberi amanah kepada pasangannya untuk meimpin Aceh lima tahun mendatang (2017-2022), perencanaan keuangan yang bagus sudah ia susun dalam visi-misinya sebagai Cagup Aceh.[tim]