Grojogan Sewu Tawangmangu

Ketika Alam Mampu Buat Merenung dan Mengenang

Redaksi | habadaily.com | 29 Agustus 2017, 14:39 WIB
Ketika Alam Mampu Buat Merenung dan Mengenang Sumber gambar: katalogwisata.com

Sudah mulai jenuh dengan beragam aktivitas kerja yang padat dan macetnya Kota Jakarta? Mungkin inilah saatnya kamu menyiapkan koper atau ranselmu untuk memulai perjalanan seru ke berbagai tempat yang belum pernah kamu singgahi. Tentunya ketika sudah penat dengan hiruk pikuk kota, mencari destinasi yang tenang untuk merenung sekaligus membuat kenangan manis adalah pilihan terbaik.

Tidak perlu harus melancong ke tempat-tempat terpencil, kota di Jawa seperti Solo dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mencari sedikit kesunyiaan, namun tetap mudah diakses. Berada di Jawa Tengah dan berjarak dekat dengan Yogyakarta, kamu bisa mampir ke kampung halaman Presiden Joko Widodo ini menggunakan moda kereta api.

Dengan kemudahan saat ini, kamu pun bisa memesan tiket kereta api di aplikasi Traveloka guna mendapatkan kepastian menuju Solo. Dengan demikian, kamu tidak mesti begadang semalam hanya untuk mendapatkan selembar tiket kereta api menuju kota ini. Nah, jika sudah sampai di Solo, ada beberapa tempat yang tidak boleh kamu lewatkan.

Solo memang identik dengan wisata keratonnya. Soalnya, di kota ini memang terdapat dua istana Kesultanan Surakarta yang selalu ramai dipadati turis. Namun jika kamu pun merasa destinasi tersebut masih belum bisa membuatmu melepas penat dan lelah, pilihan terbaik lainnya jatuh pada Tawangmangu. Lokasi objek wisata yang satu ini memang tidak tepat berada di pusat Kota Solo, melainkan ke kawasan tetangganya, tepatnya Kabupaten Karanganyar.

Tawangmangu sendiri kerap dikenal orang lokal sebagai Grojogan Sewu. Berupa tempat wisata alam yang menyajikan panorama air terjun yang menakjubkan, kamu pasti tidak akan bosan untuk berlama-lama menikmati keindahan alam yang membuat rasa syukur meningkat ini. Mencapai lokasi objek ini pun tidak terlalu sulit. Apabila menggunakan kendaraan umum, kamu bisa memilih bus menuju Karanganyar. Jangan kaget karena ketika sampai di Tawangmangu, kamu akan mulai merasakan perubahan cuaca dibandingkan ketika masih di Solo. Udara sejuk dijamin akan langsung merasuk ke sendi-sendi tubuhmu dan memberikan sensasi yang menenangkan.

 

Tawarkan Air Terjun 81 Meter

Apa sih yang membuat orang berbondong-bondong ingin mampir ke Tawangmangu? Dapat dikatakan, dagangan utama dari destinasi wisata yang satu ini adalah air terjunnya. Tidak tanggung-tanggung, air terjun yang kerap disebut sebagai Grojogan Sewu ini mampu menarik ratusan wisatawan mancanegara tiap harinya. Menyajikan air terjun yang cukup lebar dengan kolam yang tidak terlalu berbatu, kamu bisa berlama-lama takjub akan kemegahan air terjun setinggi 81 meter ini.

Tawangmangu sendiri telah dijadikan sebagai destinasi wisata sejak Indonesia belum merdeka.  Sejak zaman kolonial Belanda, para orang asing tersebut kerap menjadikan Tawangmangu sebagai kawasan untuk bersantai dan menenangkan diri dari rutinitas kesibukan tiap harinya. Air terjun adalah incaran utama mereka. Namun selain itu, pemandangan alam di sekeliling air terjun berupa perbukitan hijau menjadi nilai tambahnya.

Tak ayal karena memang sudah dikenal dan dijadikan objek wisata sedari dulu, fasilitas di Tawangmangu pun akan membuat liburanmu terasa semakin nyaman.  Di sekitar Tawangmangu, banyak penginapan yang bisa dijadikan pilihan jika kamu ingin menginap. Kantin-kantin untuk mencari makanan pun bisa kamu peroleh di area dalam Tawangmangu.

Ada satu hal yang unik ketika menjadikan Grojogan Sewu yang satu ini sebagai destinasi wisata. Soalnya selain untuk menikmati pemandangan cantik yang akan terkenang selalu, kamu pun harus siap-siap berolahraga. Bagaimana tidak, guna bisa menuju area utama air terjun, dari loket perjualan karcis ada anak tangga yang mesti kamu tapaki satu per satu lebih dahulu. Bukan hanya puluhan, nyatanya ada 1.250 anak tangga yang mesti kamu lalui guna mencapai “surga kecil” di Karanganyar ini. Melelahkan? Jelas, iya. Namun balasannya sangat setimpal karena kamu akan terkagum-kagum dengan panorama dan suasana yang dihadirkan air terjung Tawangmangu.

 

Tidak Hanya Panorama

Sekadar panorama bisa jadi terasa kurang karena kamu pun membutuhkan beragam fasiitas dan wadah atraksi seru untuk membuat harimu semakin menyenangkan. Jangan khawatir soalnya Tawangmangu tidak akan membuatmu bosan. Di tempat wisata yang satu ini, air terjun memang menjadi yang utama. Namun, pengelola tak lupa menyiapkan beragam wadah aktivitas lain yang bisa membuat ilburanmu semakin terasa sempurna.

Di dalam area yang sama, terdapat lokai outbond seru yang siap menantang adrenalinmu. Mulai dari flying fox hingga jembatan tali akan membuatmu kegiatan liburanmu di tempat ini semakin terkenang dan sulit dilupakan. Kamu pun dijamin bakal ketagihan untuk kembali mengunjungi Tawangmangu di lain waktu.

Selain itu, Tawangmangu pun merupakan salah satu pusat penghasil sayur-mayur dan buah di Karanganyar. Kamu yang juga doyan wisata belanja bisa menjadikan beragam produk buah dan sayur dari tempat wisata ini sebagai oleh-oleh ataupun bekal di perjalanan. Setuju?[***]